Sequis Ingatkan Pentingnya Perencanaan Keuangan

Wednesday 16 Aug 2023, 7 : 05 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto mengatakan mencapai kesejahteraan dimulai dari memiliki pengetahuan yang benar tentang perencanaan keuangan dan melakukannya dengan disiplin serta hidup bersahaja saat menggunakan uang atau tidak boros.

“Banyak orang salah memaknai kemerdekaan finansial. Ada yang ingin meraih merdeka finansial dengan berinvestasi,  tetapi dengan jalan pintas karena tergiur bunga tinggi, padahal berisiko tertipu investasi bodong. Ada yang ingin menjadi pengusaha tanpa persiapan finansial dan meminjam modal dengan jumlah tinggi, tetapi malah terjebak kredit macet. Ada juga yang memaknai merdeka finansial sebagai sebuah tampilan yang terlihat kaya dan mapan tapi malah terlilit utang kartu kredit atau pinjol. Itu sebabnya, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan finansial agar tidak terjerat utang berbunga tinggi dan tidak mudah tertipu oleh oknum investasi bodong,”sebut Yan.

Yan juga menyarankan agar masyarakat meningkatkan pengetahuan manajemen risiko agar bisa memitigasi harga dan aset.

Ada inflasi yang dapat menyebabkan harga barang naik dan nilai aset turun sehingga memenuhi kebutuhan masa depan dengan menabung saja tidaklah cukup.

Berinvestasi adalah cara meningkatkan nilai aset, tetapi pilih investasi yang resmi dan aman.

Risiko lainnya adalah kemungkinan serangan sakit hingga kematian sehingga kita memerlukan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

“Dengan berasuransi maka kita dapat merdeka dari rasa khawatir akan besarnya biaya pengobatan atau kehilangan mata pencaharian yang berpotensi menggerus tabungan dan aset pada akhirnya,” ujarnya.

Setelah memiliki pengetahuan finansial, langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan keuangan dan jalankan dengan disiplin seberapapun pendapatan yang dimiliki.

Perencanaan keuangan harus dimulai sejak seseorang menerima pendapatan sehingga uang yang diterima akan cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini bahkan berkesempatan untuk memenuhi kebutuhan masa depan sehingga kita bisa merdeka dari rasa khawatir akan risiko masa depan.

Perencanaan keuangan meliputi kegiatan mencatat pengeluaran, melakukan penghematan dengan mendahulukan kebutuhan penting dan menunda keinginan serta menyisihkan  sebagian pendapatan untuk dana darurat, tabungan, investasi dan melindungi aset dan finansial melalui asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

“Perencanaan keuangan dapat berbeda pada setiap orang karena kebutuhan, kondisi finansial, target masa depan, dan tahapan usia juga berbeda. Manfaat melakukan perencanaan keuangan untuk menjaga arus kas, membantu kita melakukan prioritas pengeluaran, memaksimalkan aset serta membantu  merencanakan masa depan dengan lebih baik,” sebut Yan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Metrodata Electronics Bukukan Laba Rp401,81 Miliar per September 2023

JAKARTA-PT Metrodata Electronics  Tbk (MTDL) melaba Rp401,81 miliar (Rp33 per
Ganjar-Mahfud

Tampil Gagah Berbalut Setelan Jas Hitam, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana di MK

JAKARTA – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut