Soal Pencurian Kabel, Manajemen PT KCIC Diminta Perketat Sistem Keamanan

Thursday 8 Jun 2023, 7 : 04 pm
Kereta Cepat Jakarta Bandung/Foto: Kompas.com
Kereta Cepat Jakarta Bandung/Foto: Kompas.com

JAKARTA-Kalangan DPR mendesak manajemen PT.Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memperketat sistem keamanan.

Hal ini terkait kejadian pencurian baut dan kabel mega proyek strategis nasional (PSN), yakni proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Bayangkan kalau baut kereta itu dicuri, itu seperti apa efeknya? Ini memang butuh pengamanan total dan perhatian,” kata kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Lebih jauh AIA-sapaan akrabnya meminta kesadaran semua pihak termasuk masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan pengawasannya lantaran hal ini menyangkut keamanan masyarakat.

“Kita mengimbau masyarakat supaya secara bersama-sama ikut mengawasi prasarana yang disiapkan oleh pemerintah agar supaya tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya,” tegasnya.

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu pun berharap mengenai masalah keamanan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini menjadi tugas bersama, bukan hanya pemerintah atau pihak KCIC tetapi masyarakat secara keseluruhan.

“Ini saya kira tindakan yang sangat tidak patut dan harus harus betul-betul diberi efek jera yang cukup tinggi,” tegasnya.

Menurut Andi Iwan, sanksi tegas dan keras pun perlu diterapkan terhadap oknum-oknum yang telah melakukan pencurian ini.

“Karena nilai keuntungan yang bisa dihitung dengan mengambil baut rel kereta itu tidak seberapa dibandingkan nyawa orang yang dipertaruhkan. Jadi ini betul-betul harus mendapatkan perhatian, harus betul-betul diberi sanksi yang sangat tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tuturnya.

Pencurian baut dan kabel rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan oleh seorang oknum petugas keamanan dengan lima rekannya di jalur kereta cepat di Desa Parungmulya, Ciampel, Karawang.

Polisi telah menangkap dan menyita barang bukti berupa satu karung tembaga kabel, baut rel, kunci dan lainnya.

“Kerugian atas pencurian ini diperkirakan mencapai Rp150 juta rupiah dan berbahaya karena berpotensi memicu terjadinya kecelakaan,” pungkasnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPRA Minta Batalkan Rencana Pembelian Mobil Dinas Rp100 Miliar

ACEH-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA) Fuadri meminta kepada

Kenaikan Suku Bunga Turki Direspon Positif

JAKARTA-Bursa AS ditutup menguat semalam mengakhiri koreksi dalam 3 hari