Stabilisasi Harga Beras, Pemerintah Gelar Operasi Pasar

Monday 25 Sep 2023, 7 : 31 am
Operasi Pasar
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan membagikan secara simbolis barang kebutuhan pokok (bapok) kepada masyarakat pada Operasi Pasar Murah yang berlangsung di Jambi Business Center (JBC), Provinsi Jambi, Sabtu (23 Sep).

JAMBI-Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menuturkan, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga beras.

Kemendag bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Bulog melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) di lapangan Jambi Business Center (JBC), Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Jambi, pada Sabtu, (23/9).

GPM dan operasi pasar dilakukan guna menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP), khususnya komoditas beras.

“Operasi pasar ini penting dilakukan untuk menjamin harga beras Bulog di harga Rp11.000/kg. Kemarin saya ke Makasar, Papua, Lampung, sekarang ke Jambi, dan besok ke Solo. Untuk mengecek harga beras dan ketersediaan stok beras. Pemerintah melalui Kemendag bekerja sama dengan Bupati, Gubernur, Bulog, dan Bapanas untuk menstabilkan harga beras,” katanya.

Sebagai upaya menekan kenaikan harga beras, Pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk menyalurkan beras SPHP dengan harga jual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkat konsumen, dan melaksakanan GPM yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyediakan pangan dengan harga terjangkau.

Selain itu, Pemerintah juga mempercepat penyaluran Bantuan Pangan Beras sebesar 10 kg kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang semula dijadwalkan berlangsung Oktober menjadi September.

“Saya bersama Gubernur, Bulog, dan Bapanas akan menyerahkan Bantuan Pangan Beras dari Presiden Joko Widodo sebanyak 10 kg kepada KPM. Bantuan Pangan Beras akan dibagikan selama September, Oktober, dan November. Kalau APBN longgar, semoga pada Januari, Februari, dan Maret bantuan pangan akan dibagikan lagi,” jelasnya.

Pada GPM kali ini pemerintah menyediakan 500 paket beras SPHP Bulog kemasan 5 Kg dengan harga jual di bawah HET.

Selain itu terdapat 50 paket sembako dari Gubernur Jambi untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Mendag Zulkifli Hasan menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok beras.

”Saat ini persediaan beras di Bulog ada 1,6 juta ton dan akan ada tambahan 400 ribu ton. Stok beras banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pesan Dubes Mesir: Jadilah Penyebar Ajaran Islam Yang Moderat dan Toleran di Indonesia

CAIRO-Duta Besar Republik Indonesia di Cairo, Helmy Fauzy bersama Penasehat

Penjualan Karimun Wagon R Capai 14.000 Unit

JAKARTA-Penjualan mobil murah LCGC, Suzuki Karimun Wagon R terus mengalami