Survei BI: Keyakinan Konsumen Kembali Menguat

Wednesday 3 Jun 2015, 5 : 46 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan konsumen pada Mei 2015 menguat, setelah melemah pada dua bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2015 yang meningkat sebesar 5,4 poin menjadi 112,8. Dikutip dari laman bi.go.id, Rabu (3/6), penguatan IKK tersebut didorong oleh peningkatan pada kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masing-masing naik sebesar 3,7 dan 7,0 poin dari bulan sebelumnya.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga menurun pada Agustus 2015 sejalan dengan kembali normalnya permintaan pasca Hari Raya Idul Fitri. Penurunan diperkirakan terjadi pada seluruh kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar pada kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Sementara itu, untuk kondisi pada 6 bulan mendatang (November 2015), responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Hal tersebut terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang yang tercatat naik 1,5 poin dari bulan sebelumnya menjadi 129,0.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Per 1 Juli, Penerbangan Pesawat Jet dari Bandung ke Luar Jawa Pindah ke Kertajati

JAKARTA-Penerbangan domestik dengan pesawat jenis jet rute luar Pulau Jawa

Pemerintah Siapkan Jurus Strategis di Sektor Industri

SWISS-Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah Indonesia sedang menjalankan kebijakan