Survei BI: Optimisme Konsumen Menguat

Friday 11 Feb 2022, 10 : 14 am
by
Ekonomi Indonesia pada triwulan III 2021 tumbuh sebesar 3,51% (yoy), lebih rendah dari capaian triwulan sebelumnya sebesar 7,07% (yoy)
Ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Januari 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2022 sebesar 119,6, lebih tinggi dari 118,3 pada Desember 2021.

“Kenaikan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran dan kelompok usia responden,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono di Jakarta, Jumat (11/2).

Secara spasial jelasnya, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Banten, diikuti Pontianak dan Makassar.

Meningkatnya keyakinan konsumen pada Januari 2022 didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap penghasilan saat ini dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

“Sejalan dengan membaiknya persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik pada seluruh indeks pembentuknya, tertinggi pada indeks ekspektasi penghasilan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Inilah Proyek Strategis Nasional Pemerintahan Jokowi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menyaksikan penandatanganan ‘financial closing’ enam proyek infrastruktur

Ini Jadwal Pembagian Dividen SMGR Senilai Rp172,64 Per Saham

JAKARTA-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) berencana membayarkan dividen tunai