Tebar Informasi Pemkab Lumajang Gunakan Segala Platform Media Sosial

Tuesday 30 Jan 2024, 6 : 57 pm
Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Mustaqim

LUMAJANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang Jawa Timur memanfaatkan  semua platform media sosial sebagai sarana menyampaikan publikasi dan  informasi yang menjadi program pemerintah.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Mustaqim mengatakan para admin media sosial Perangkat Daerah dengan aktif membagikan informasi melalui berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan TikTok.

Menururnya, publikasi tersebut tidak hanya terkait dengan kegiatan Perangkat Daerah.

Namun juga mencakup program pemerintah, layanan kesehatan, perizinan, administrasi kependudukan, bantuan sosial, dan layanan publik lainnya.

“Media sosial juga menjadi alat untuk merespon dan menindaklanjuti keluhan masyarakat,” terangnya.

Mustaqim mengapresiasi keaktifan para admin media sosial Perangkat Daerah dalam menyampaikan dan merespon informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Hal tersebut menjadi langkah positif dalam memanfaatkan era digital untuk memberikan informasi secara lebih cepat dan responsif.

“Harapan kami memang seperti itu. Semua Perangkat Daerah bisa cepat merespon laporan atau aduan masyarakat dengan cepat melalui medsos. Ini kan sudah jamannya digital, jadi bisa lebih cepat memberikan informasi melalui medsos,” ujarnya.

Pemanfaatan media sosial juga menjadi upaya untuk mempublikasikan informasi program pemerintah, sekaligus untuk menekan penyebaran informasi hoaks di dunia maya.

Mustaqim menegaskan bahwa keaktifan admin media sosial Perangkat Daerah sangat diperlukan sebagai bagian dari pelayanan publik dalam hal informasi.

“Ini adalah bagian dari pelayanan pemerintah juga sebagai upaya menciptakan media sosial yang lebih produktif dan meminimalisir info-info negatif apalagi hoaks,” katanya.

Meskipun hampir semua Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Lumajang memiliki akun media sosial, namun terdapat beberapa yang masih belum maksimal dalam pemanfaatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Majelis Kehormatan MK Mulai Rapat Bahas Nasib Paman Gibran

JAKARTA-Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memulai Rapat Majelis Kehormatan (RMK)

Dorong Dukungan Kepada UMKM, hibank Raih Sejumlah Penghargaan

JAKARTA-PT Bank Hibank Indonesia atau hibank berkomitmen untuk terus meningkatkan