TEI 2013 Targetkan Transaksi Sebesar USD 2 Miliar

JAKARTA-Kementerian Perdagangan kembali menggelar pameran dagang terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) ke-28. Pameran bertaraf internasional yang akan diselenggarakan pada 16-20 Oktober 2013 di Jakarta  International Expo (JIExpo) ini menargetkan pencapaian transaksi sebesar USD 2 miliar. “Dengan mengusung tema ”Trade with Remarkable Indonesia”, kami yakin dapat mencapai  target tersebut karena tema dimaksud dapat menggambarkan kesan positif Indonesia sebagai  negara yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas dan memenuhi standar  internasional,” demikian dijelaskan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan di Jakarta, Kamis (20/6).

Menurut dia, citra positif Indonesia direalisasikan melalui upaya peningkatan nilai tambah, baik dari segi kualitas produk itu sendiri maupun dari pengembangan desain dan kemasan. Sementara, nilai tambah dapat dicapai dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam Indonesia yang melimpah, yang diolah secara terarah dan berkelanjutan. “Dengan penggunaan dan penguasaan alih teknologi yang tepat guna dan berstandar internasional oleh para tenaga kerja yang profesional, perkembangan sektor perdagangan, serta strategi hilirisasi di Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang pesat. Penerapan teknologi yang ramah lingkungan dan kearifan lokal merupakan kekuatan tersendiri dan menjadi nilai tambah terhadap daya saing produk-produk ekspor Indonesia,” ungkap Gita Wirjawan.

Mendag menjelaskan bahwa TEI ke-28 akan digelar di area seluas 60.000 m2 yang diikuti oleh sekitar 2.000 peserta pameran dengan target pengunjung sebanyak 10.000 buyersinternasional dan 25.000 pengunjung domestik. Produk-produk yang akan ditampilkan pada TEI ke-28 antara lain komponen otomotif, kakao,kopi, CPO, peralatan elektronik, alas kaki, furnitur, karet dan produk karet, tekstil dan produk tekstil, minyak esensial, kerajinan tangan, obat-obatan herbal, perhiasan dan aksesoris, kulit dan produk kulit, makanan olahan, produk pertanian, bahan bangunan, bahan kimia,makanan dan minuman, perabotan rumah tangga, barang pecah belah, produk kertas, dan peralatan olah raga. Selain produk utama dan potensial, TEI 2013 juga akan menampilkan bidang jasa seperti tenaga kerja terlatih, jasa pertambangan, serta jasa perbankan dan asuransi.