Teknologi Tepat Guna Dorong Ekonomi Pedesaan

Wednesday 21 May 2014, 4 : 19 pm

TANGERANG-Penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) dimaksudkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan kemajuan pedesaan dalam menghadapi globalisasi. “Karena itu perlu melakukan percepatan pembangunan perdesaan melalui pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang yang didukung oleh penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna,” kata Kasubid Pengembangan Manajemen pembangunan Partisipatif BPPMD Provinsi Banten, Diki Hardiana kepada hariantangerang.com, Rabu, (21/05/2015).

Menurut Diki, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangan TTG semua kepada daerah diminta melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui penerapan dan pengembangan TTG sebagai bentuk dan tanggung jawab pemerintah untuk mendorong, menumbuhkan, meningkatkan, mengembangkan perekonomian masyarakat, memeratakan pembangunan dan mengentaskan kemiskinan serta pengembangan wilayah.

Diki menambahkan stand yang difasilitasi dari provinsi Banten sebanyak 35 stand dan yang difasilitasi pemkot Tangerang sebanyak 40 stand. Selain itu juga menampilkan produk yang dihasilkan oleh masyarakat seperti makanan,pakaian,kerajinan tangan dan sebagainya dan ini merupakan ajang lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat provinsi yang nantinya pemenang lomba Teknologi Tepat Guna akan diikut sertakan pada tingkat Nasional di Samarinda Kalimantan Timur tahun ini juga.

Seperti diketahi Pameran TTG berlangsung di halaman Parkir Mall Metropolis Town Square berlangsung hingga 19-22 Mei 2014. Salah satu tujuannya, acara ini yaitu menciptakan inovasi karya cipta masyarakat Banten yang kaitanya dengan teknologi tepat guna, murah, mudah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Banten.

Sementara itu Syahril Makosim dari Institut Teknologi Indonesia (ITI) salah satu peserta Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) menjelaskan pihaknya menampilkan mengenai hasil budi daya pertanian dan teknologi terapan hasil karya mahasiswa. “Kami berharap bisa lebih sinergi lagi kerjasama antara ITI dan Pemprov Banten,” pungkasnya. (be/ek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MoU KPU-Lamsaneg Berimplikasi Buruk

JAKARTA- Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira  mendesak Komisi

Swasta Siap Impor Sapi Indukan 1500 ekor

JAKARTA-Kalangan swasta tampaknya serius mengembangkan sapi demi swasembada daging melalui