Teknologi Tubing Conveyed Perforation, Kontribusi Elnusa dalam Penemuan Cadangan Minyak Baru di Bekasi

Wednesday 27 Dec 2023, 4 : 45 pm
ELNUSA
Ilustrasi

JAKARTA-PT Elnusa Tbk (Elnusa), anak usaha PT Pertamina Hulu Energi yang tergabung dalam Subholing Upstream Pertamina turut berkontribusi aktif dalam penemuan cadangan minyak baru pada kegiatan pengeboran sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN-001) yang tajak sumurnya telah dilakukan oleh PT Pertamina EP Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada 18 Agustus 2023.

Charles Harianto Lumbantobing, Direktur Operasi Elnusa, mengemukakan, Elnusa melakukan pekerjaan untuk Tubing Conveyed Perforation (TCP) saat Drill Stem Test (DST) yang pertama pada tanggal 25 November 2023.

Dalam kegiatan eksplorasi di sumur EPN-001, Elnusa membawa teknologi baru untuk aktivitas Tubing Conveyed Perforation (TCP) yaitu menggunakan steam gun saat membuat lubang pada casing.

Biasanya, untuk metode TCP konvensional penetrasi pelurunya hanya sekitar 45 inchi.

Sementara dengan menggunakan metode steam gun dapat menambah penetrasi sehingga dapat memperdalam rekahan hingga tiga meter.

Melalui teknologi tersebut, Elnusa dapat menekan biaya operasi juga meningkatkan produktivitas RIG dengan maksimal.

Charles menerangkan, “kami sangat bergembira dan bersyukur atas upaya kami dalam kegiatan eksplorasi di sumur EPN-001 ini.  Dari pekerjaan tersebut formasinya terindikasi terdapat aliran minyak dengan grade API 32 yang tergolong bagus, sementara untuk estimasi tekanan reservoir yang terbaca di kedalaman perforasi adalah 5.200 psi. Lalu ada juga ditemukan gas yang terbakar pada saat di-flaring,” kata Charles dalam keterbukaan informasi ke BEI, dikutip Rabu (27/12).

Charles menambahkan, interval kedalaman perforasi yang telah dilakukan pada saat DST pertama mencapai 7 meter dari kedalaman 2.643-2.650 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Suka Hina dan Maki di Medsos, Presiden Minta Perbanyak Pelajaran Etika

PONOROGO-Presiden Joko Widodo menyindir komunikasi di media sosial (medsos) belakangan
PT Tuban Petrochmical

Konversikan Piutang Rp2,9 Triliun, Pemerintah Kuasai PT Tuban Petrochmical

JAKARTA-Pemerintah Indonesia melakukan penambahan penyertaan modal Negara Republik Indonesia ke