Tengku Said Syafawi Kutuk Kekerasan di Rempang

Friday 15 Sep 2023, 2 : 31 pm
by
Tengku Said Syafawi AlBaragbah

JAKARTA-Persoalan kelam yang terjadi di Rempang Galang Batam di Provinsi Kepulauan Riau mengundang reaksi simpati berbagai pihak.

Salah seorang tokoh Melayu, Tengku Said Syafawi AlBaragbah mengutuk keras aksi kekerasan yang terjadi saat demo masyarakat Rempang Galang menuntut haknya.

“Seharusnya itu tidak boleh terjadi lagi karena sesungguhnya orang Melayu itu santun dan mempunyai karakter terbuka terhadap para pendatang maupun terhadap perubahan. Apalagi hal yang menyangkut pembangunan yang terkait dengan masyarakat Melayu itu sendiri. Jangan jadikan Rempang itu Duka Nestapa bersama,” tegas Tengku Said Syafawi AlBaragbah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (15/9).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons kerusuhan yang terjadi di Pulau Rempang, Batam paska warga yang menolak relokasi bentrok dengan aparat.

Presiden Jokowi menyebut, kerusuhan terjadi karena komunikasi yang kurang baik antara pemerintah daerah (Pemda) dengan warga.

Padahal, relokasi tersebut dilakukan untuk pembangunan proyek strategis nasional Rempang Eco-City.

Jokowi menyebut, sudah ada kesepakatan bahwa warga yang direlokasi akan mendapat lahan dan bangunan.

“Ya itu komunikasi yang kurang baik, saya kira kalau warga diajak bicara, diberikan solusi,” kata Jokowi.

Tokoh Melayu ini sepakat apa yang dikatakan Presiden soal komunikasi dan mengapresiasi ketika memerintahkan Kapolri juga turun langsung.

“Kita kan tahu pak Kapolda Kepri Irjen Tabana Bangun pernah juga bertugas di Riau dan sekarang di Kepri bahkan Kabid humas polda Kepri  KBP Zahwani Pandra cukup membumi ketika menjadi Kapolres di kep. Meranti, seharusnya dengan berbekal pengalaman itu bisa tidak memberikan penangganan yang terukur sehingga tidak chaos,”tegas Datuk Panglima Laskar Elang Pesisir ini.

Namun demikian, dia mengingatkan bahwa kesabaran itu batasnya.

Karena itu, penyelesaian tuntas untuk memecahkan jalan buntu harus segera dilakukan.

Hal ini penting agar persoalan ini menjadi beres.

“Polri harusnya coba membuka kebuntuan tersebut, dan jangan juga menyelesaikan persoalan ini cuma dialog sebatas elit politik dan elit tokoh Melayu tapi harus membumi, sampai ke akar masalahnya,” ujar sang Datuk Panglima ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Anggota Penuh Pertemuan IFSB

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diwakili oleh Ketua Dewan Komisioner

Presiden Beri Bantuan Modal Kerja Rp1,2 Juta Bagi PKL di Pasar Kebun Lada Kota Binjai

BINJAI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan langsung tunai bagi