Terima Politisi Muda Korsel, KPPI Ungkap Mampu Satukan Sumber Daya Daerah

Monday 3 Jul 2023, 9 : 15 pm
Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) mendapat kunjungan dari 25 delegasi politisi muda Korea Selatan yang tergabung dalam  National Student Committee 

JAKARTA-Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) mendapat kunjungan dari 25 delegasi politisi muda Korea Selatan yang tergabung dalam  National Student Committee yang berasal dari Partai Demokrat Korea.

Sebagai Ketua KPPI Puteri Komarudin menyampaikan kiprah pemuda di parlemen Indonesia.

“Sepanjang DPR RI berdiri, Indonesia belum pernah memiliki kaukus pemuda parlemen. Barulah dalam periode ini, kami bersama teman-teman anggota parlemen muda yang usianya di bawah 40 tahun telah berhasil membentuk KPPI, sebagai wadah bagi pemuda untuk menjalin komunikasi dan memperjuangkan isu-isu kepemudaan,” katanya di Jakarta, Senin, (3/7/2023).

Puteri menyampaikan KPPI beranggotakan 72 orang anggota DPR yang berusia di bawah 40 tahun yang tergabung dari 8 partai politik dan 11 komisi di DPR RI.

Keseluruhan anggota KPPI ini setara 12,5 persen suara dari 575 anggota DPR RI.

“Kami terus berupaya memaksimalkan peran pemuda dalam menjalankan tugas parlemen yang mengedepankan kepentingan pemuda dari berbagai dimensi. Contohnya di Komisi XI, kami menolak rencana pengenaan pajak pertambahan nilai untuk jasa layanan pendidikan, yang pasti dampaknya akan dirasakan langsung oleh pemuda Indonesia,” ujar Anggota Komisi XI DPR RI ini.

Politisi dari Fraksi Partai Golkar ini menambahkan KPPI juga berperan sebagai platform bagi anggota parlemen muda untuk berkoordinasi dalam membantu masyarakat, tanpa mementingkan daerah pemilihan tertentu saja.

“Kami bersama-sama turun langsung untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan seperti pandemi COVID-19, banjir, bencana alam lainnya. Karena biasanya penyaluran bantuan yang dilakukan anggota DPR hanya terfokus pada daerah pemilihan masing-masing. Namun, melalui KPPI kami dapat menyatukan sumber daya bagi daerah dan masyarakat yang paling membutuhkan,” tegas Puteri.

Pada kesempatan ini, Ketua Delegasi National Student Committee  Soyoung Yang menyampaikan bahwa partai politik di Korea Selatan juga terus berupaya meningkatkan partisipasi pemuda di politik.

“Kami juga memiliki kaukus muda untuk anggota parlemen yang berusia di bawah 35 tahun,” ungkap Yang.

Setelah sesi diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata dan keliling gedung DPR RI untuk memperkenalkan parlemen Indonesia kepada delegasi Korea Selatan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harga BBM Turun Senin Depan

JAKARTA-Pemerintah kembali mengisyaratkan kemungkinan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM)

Milad PAN Hanya Dihadiri Cawapres Sandiaga Uno

JAKARTA-Partai Amanat Nasional (PAN) genap berusia 20 tahun. Karena PAN