Tinjau Galeri Batik Banyumas, Puan: Perlu Diangkat Keunikan dan Reputasi Batik Tiap Daerah

Monday 5 Feb 2024, 5 : 50 pm
Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas/Foto: Dok DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas/Foto: Dok DPR

BANYUMAS–Ketua DPR RI Puan Maharani bersama sejumlah Anggota DPR meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas, Jawa Tengah. Batik Hadi Priyanto sendiri merupakan salah satu batik yang punya banyak sejarah karena sudah berdiri sejak tahun 1957. “Batik adalah ikon Indonesia, sudah menjadi warisan budaya tak benda UNESCO,” ujar Puan saat meninjau proses pembatikan yang dilakukan para pembatik di Rumah Batik Hadi Priyanto, Banyumas, Senin, (5/2/2024).

Politisi PDI-Perjuangan itu terkesan dengan Rumah Batik Hadi Priyanto yang memiliki mesin pintal untuk membuat bahan (kain) batik dengan 3.600 benang yang saat ini dikelola oleh keturunan ke-3 dan memiliki 30 pegawai.
“Keunikan batik tiap daerah perlu diangkat reputasinya secara setara, agar semuanya bisa berbarengan terkenalnya,” tegas Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) itu.

Tak hanya dengan canting, proses pembuatan batik Hadi Priyanto juga ada yang dicetak dan digambar. Memiliki ciri khas motif warna cerah, batik Banyumasan di galeri tersebut membutuhkan proses waktu sekitar dua minggu untuk setiap helai kainnya.

Lebih lanjut, Puan pun mendorong agar ada regenerasi untuk para pembatik. Dengan begitu, budaya lama Indonesia tidak akan terkikis zaman. “Perlu diperhatikan regenerasi dari para pengrajin batik agar karya budaya ini dapat terus dilestarikan,” tutur Puan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank DBS Indonesia Permudah Pembayaran Alfamart ke Pemasok

JAKARTA-Digitalisasi industri ritel tidak hanya diperlukan dalam kegiatan antara penjual

Listing Perdana, Harga PGEO Dibuka Langsung Menguat 5,71%

JAKARTA-Harga saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) saat memulai