Triwulan I-2021, Penjualan Properti Residensial Meningkat

Thursday 27 May 2021, 4 : 05 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) mengindikasikan penjualan properti residensial meningkat pada triwulan I 2021.

Hal ini tercermin dari penjualan properti residensial yang tumbuh 13,95% (yoy), meningkat dibandingkan dengan capaian pada triwulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar 20,59% (yoy).

“Peningkatan penjualan properti residensial tersebut terjadi pada seluruh tipe rumah,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono di Jakarta, Kamis (27/5).

Dari sisi harga jelasnya, hasil survei mengindikasikan harga properti residensial tumbuh terbatas pada triwulan I 2021.

Perkembangan ini tercermin dari pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I 2021 yang tercatat sebesar 1,35% (yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,43% (yoy).

“Harga properti residensial primer diprakirakan masih tumbuh terbatas pada triwulan II 2021 sebesar 1,10% (yoy),” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan sumber pembiayaan, hasil survei menunjukkan pengembang masih mengandalkan sumber dari nonperbankan untuk pembiayaan pembangunan properti residensial.

Pada triwulan I 2021, pembiayaan pembangunan properti yang bersumber dari dana internal pengembang mencapai 65,45% dari total kebutuhan modal.

“Dari sisi konsumen, fasilitas KPR menjadi preferensi utama sumber pembiayaan dalam pembelian properti residensial dengan pangsa mencapai 73,67% dari total pembiayaan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pancasila, Auto Regulator Untuk Manusia Indonesia

Oleh: Azmi Syahputra Hari Pancasila ini harus menjadi momentum untuk

Gudang Garam Mampu Perbaiki Profitabilitas, Meski Persaingan Ketat dan Daya Beli Stagnan

JAKARTA-Manajemen PT Gudang Garam Tbk (GGRM) berhasil memperbaiki profitabilitas di