Tukar Kursi Pesawat, Bolehkah?

Monday 25 Jun 2018, 6 : 15 pm
kompas

Selain itu, apabila ada penumpang yang tiba-tiba meminta untuk bertukar kursi saat penumpang lain baru memasuki pesawat, sebaiknya ditunda atau tolak dulu permintaan tersebut karena dapat menghambat penumpang lain untuk duduk di kursinya masing-masing.

Kebutuhan, kebanyakan awak kabin tidak keberatan apabila penumpang menginginkan untuk tukar kursi karena biasanya tergantung pada kesediaan dari pemilik kursi. Oleh karena itu apabila ada penumpang yang meminta untuk bertukar kursi, maka keputusan ada di tangan penumpang tersebut.

Penumpang dapat menerima ataupun menolak karena kursi sepenuhnya adalah hak penumpang tersebut. Namun sebelum penumpang memutuskan, ada baiknya untuk melihat kebutuhan dari sang peminta. Tidak masalah untuk bertanya perihal kebutuhannya.

Kebanyakan orang menginginkan tukar kursi hanya karena ingin duduk dekat jendela atau dekat lorong. Artinya hanya atas dasar keinginan, bukan kebutuhan. Namun apabila ternyata kebutuhan sang peminta cukup penting, maka boleh kiranya Anda untuk berbesar hati merelakan kursi Anda. Contoh dari kebutuhan itu seperti seorang Ibu yang mendapat kursi terpisah dari anak anaknya sedangkan anak-anaknya harus didampingi, atau seorang lansia yang terpisah dengan pengasuhnya.

Kesebandingan, faktor ini penting untuk diperhatikan sebelum menerima atau menolak permintaan tukar kursi. Bagaimana pun juga posisi kursi penumpang adalah hak. Oleh karena itu sudah sepantasnya untuk memperhatikan posisi kursi sang peminta terlebih dahulu.

Apabila penumpang lain sengaja memilih kursi di dekat lorong, kemudian diminta untuk bertukar dengan kursi bagian tengah hanya karena sang peminta tidak ingin merasa terjepit, maka itu kurang adil. Namun apabila penumpang duduk di dekat lorong bertukar dengan kursi dekat lorong juga, maka bolehlah diterima. Karena kedua kursinya sebanding. Dengan demikian tidak ada hak dari salah satu pihak yang terciderai.

Jenis kursi, beberapa kursi memiliki “jenis dan harga” nya masing-masing. Tidak mungkin seseorang yang duduk di kursi kelas ekonomi meminta bertukar kursi dengan Anda yang duduk di kelas bisnis. Tidak etis pula apabila penumpang yang duduk di kursi belakang meminta bertukar kursi dengan anda yang telah memesan kursi khusus seperti hot seat dari Air Asia yang memang dilengkapi beberapa fasilitas khusus. Sudah sepantasnya kursi ditukar dengan kursi yang sekelas dan sebanding. Bisa juga bisa mengklik, https://m.traveloka.com/en-id/citilink.

Demikianlah sejumlah faktor penting yang perlu mendapat perhatian oleh para penumpang pesawat, sebelum meminta bertukar kursi dengan penumpang lain. Dengan memahami hal ini, maka bisa menciptakan suasana tertib saat bepergian dengan menggunakan pesawat.

Penulis adalah Pegiat Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Penyaluran KUR ke IKM Idealnya Capai 30 %

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng para pemangku kepentingan untuk bersinergi memacu
satgas waspada investasi

OJK dan Polri Sepakat Berantas Investasi Ilegal

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Reserse Kriminal Kepolisian (Bareskrim