UKM di Surabaya Dapat Kontrak Dagang Senilai USD 251.460

Thursday 16 Oct 2014, 10 : 46 pm
by

JAKARTA-Pengusaha Jepang Takashi Hagimoto yang didatangkan oleh Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka melakukan kontrak dagang melalui perusahaannya, yaitu Maruwa Sangyo Co. Ltd. dengan CV. Jaya Surya Timur, perusahaan UKM yang berlokasi di Surabaya senilai USD 251.460. Sebanyak 7 kontainer 40 feet untuk produk kayu olahan jenis bangkirai akan dikirim mulai akhir Oktober sampai akhir November tahun ini. Penandatangan kontrak dagang tersebut telah dilaksanakan pada 8 Oktober 2014 bertempat di CV. Jaya Surya Timur, Surabaya. “Selama kurun waktu lima tahun terakhir (2009-2013), ekspor kayu olahan Indonesia ke Jepang selalu menempati urutan pertama. Pada 2012, nilai ekspor Indonesia mencapai USD 843 juta. Jumlah ini meningkat sebesar USD 50,86 juta menjadi USD 893,86 juta pada 2013 dengan tren sebesar 15,43%. Pangsa pasar ekspor kayu olahan adalah 2,5% dari total ekspor nonmigas Indonesia ke Jepang yang mencapai USD 35,14 miliar,” tegas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Nus Nuzulia Ishak, di Jakarta, Kamis (16/10).

Mr. Takashi Hagimoto, Maruwa Sangyo Co., Ltd dari Osaka menyerahkan kontrak pembelian senilai USD 251.460 yang telah ditandatangani bersama dengan CV. Jaya Surya Timur, Surabaya.

Guna meningkatkan ekspor produk ekspor nonmigas Indonesia, Direktorat Jenderal PEN Kementerian Perdagangan menggalakkan program Buying Mission (Misi Pembelian). Kementerian Perdagangan memberikan fasilitas kepada para buyer potensial dari mancanegara untuk bertemu dan melakukan kontrak dagang dengan eksportir di Indonesia. “Melalui program Buying Mission, Ditjen PEN mengambil langkah agresif untuk upaya meningkatkan ekspor Indonesia pada saat kondisi ekonomi global dunia yang belum membaik, dan diharapkan melalui program ini akan tercapai peningkatan nilai ekspor,” ujar Nus.

Produk kayu Indonesia diapresiasi banyak negara di dunia termasuk Eropa karena terjaminnya masalah lingkungan dan mengantongi sertifikasi legalitas lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Diplomat Akan Pasarkan Jember ke Luar Negeri

JAKARTA-Diplomat Indonesia akan turut serta memasarkan Jember ke manca negara

Hasil KTM 9 WTO Bali , Menenggelamkan Ekonomi Rakyat

JAKARTA-Koalisi masyarakat sipil Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Lawan Neokolonialisme dan Imperialisme