Visi Sat Set Dana Rp 4 Triliun Ganjar-Mahfud, Sejahterakan Guru Agama

Sunday 31 Dec 2023, 7 : 40 pm

PURWOREJO-Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD menyadari bahwa guru agama berperan strategis sebagai salah satu kunci dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) berdaya saing unggul.

Guru agama selain mengajarkan budi pekerti, juga moderasi agama, khususnya menyangkut cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama sebagai warga bangsa Indonesia.

Ironisnya, hingga kini eksistensi kalangan guru agama kerap dianggap sebagai pekerjaan cuma-cuma yang mendapatkan upah seadanya.

Sebagai upaya pembangunan pemerataan SDM unggul, seperti tertuang dalam “21 Program Sat Set Ganjar-Mahfud,” Ganjar menegaskan akan menyisihkan anggaran sebesar Rp 4 triliun dari APBN sebagai insentif para guru agama di seluruh Indonesia.

Metode yang pernah diterapkan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode, akan diberlakukan secara nasional.

“Kita pernah menghitung-hitung waktu itu, anggarannya kurang lebih Rp 4 triliun, kalau memakai pola Jawa Tengah. Insya Allah, mudah-mudahan ini bisa berjalan karena kita punya kepentingan yang lain,” kata Ganjar saat menghadiri acara Masayekh di Ponpes An Nawawi Berjan, Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (31/12/2023).

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2023 mengalokasikan anggaran sebesar Rp 277 miliar untuk memberikan insentif kepada 230.830 guru agama, baik Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha.

“Kami berikan bantuan Rp 277 miliar untuk para guru agama,” ujarnya.

Tepat Sasaran

Ia mengatakan, jumlah guru agama di Jawa Tengah yang menerima insentif pada tahun 2023 meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu mencapai 211.455 orang pada tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hak Jawab, Koreksi dan Klarifikasi Azimah Subagijo

Klarifikasi atas pemberitaan di beritamoneter.com tanggal 27 juli 2016 dengan

BNI Syariah Fasilitasi Millenial Berhijrah Lewat Takjub Akbar 2020

JAKARTA-BNI Syariah siap menjadi fasilitator pengelolaan keuangan yang sesuai dengan