YBSMU Gandeng BSI Lanjutkan Pelatihan UMKM Program BWM di Bandung 

Saturday 19 Mar 2022, 12 : 46 pm
by
Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melalui Direktorat Wakaf, Microfinance dan Digital Group melanjutkan kegiatan pelatihan UMKM standar produksi dan kemasan produk nasabah program Bank Wakaf Mikro (BWM). Kegiatan angkatan ketiga di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga terutama ibu ibu anggota BWM untuk mengelola usahanya.

BANDUNG-Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) yang merupakan lembaga amil zakat terpercaya bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melalui Direktorat Wakaf, Microfinance dan Digital Group melanjutkan kegiatan pelatihan UMKM standar produksi dan kemasan produk nasabah program Bank Wakaf Mikro (BWM).

Kegiatan angkatan ketiga di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga terutama ibu ibu anggota BWM untuk mengelola usahanya.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Satgas Keuangan Mikro Syariah dan UMKM OJK RI, Ahmad Buchari.

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh RCEO Kantor Wilayah VI  BSI Bandung Jawa Barat, Ilyas Ibrahim; Kepala Kantor Regional dan Kantor OJK (KRKO) OJK Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon dan Pimpinan Bank DKI dan Pimpinan Bank Permata Syariah selaku donatur; Direktur Eksekutif Yayasan BSMU, Sukoriyanto Saputro; Head of Micro Finance Group (WMG) Yayasan BSMU, Islah Milono; Konsultan UMKM pemilik PT. Kajeye, Kristiawan;  Perwakilan Rumah Perubahan, Mohamad Firsan dan Nugraha Ridha.

Baca juga :  CIMB Niaga Catat Pembiayaan Kendaraan Bermotor Rp18,56 Triliun

Direktur Eksekutif Yayasan BSMU, Sukoriyanto Saputro berharap setelah pelatihan, peserta dapat menggunakan ilmu pelatihan untuk kemaslahatan dan kemajuan usaha yang dikelola.

“Acara ini diikuti oleh 35 peserta dari 14 LKM Bank Wakaf Mikro di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta,” kata Sukoriyanto.

Ketua Satgas Keuangan Mikro Syariah dan UMKM OJK RI, Ahmad Buchari mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota  BWM dalam meningkatkan kemampuan usaha dibidang produksi dan pengemasan produk.

“Dengan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan usaha ekonomi anggota BWM dan untuk mendukung pengembangan usaha UMKM di era digital dan marketplace,” kata Ahmad.

Sedangkan narasumber dari Konsultan UMKM pemilik PT. Kajeye, Kristiawan;  Perwakilan Rumah Perubahan, Mohamad Firsan dan Nugraha Ridha menyampaikan pentingnya awareness dan peningkatan kemasan produk untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga :  Tahun Lalu MEGA Raih Laba Rp4 Triliun, Liabilitas Tercatat Naik Jadi Rp113,73 Triliun

Terakhir Head of Micro Finance Group (WMG) Yayasan BSMU, Islah Milono menyampaikan setelah angkatan ke-3 Jabar-Banten dan DKI Jakarta ini, Yayasan BSMU  akan melakukan tindak lanjut pasca pelatihan.

“Sehingga diharapkan materi pelatihan yang disampaikan bisa diaplikasikan secara nyata,” kata Islah.

Program BWM adalah program inklusi keuangan pemberdayaan dan penguatan ekonomi bagi masyarakat.

Sasaran dari program ini adalah membantu masyarakat produktif yang memiliki usaha dan butuh permodalan syariah di lingkungan ponpes untuk meningkatkan usahanya agar terbebas dari rentenir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemerintah Bangun Rusus Bagi Korban Banjir di Kota Bima

BIMA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 218 unit

PermataBank Catat Kenaikan Laba Bersih 18%

JAKARTA-PT Bank Permata Tbk (“PermataBank”) mengumumkan laba bersih setelah pajak