Zaman Makin Canggih, UU Terorisme Perlu Penyesuaian

Thursday 21 Jan 2016, 12 : 23 pm
salah satu photo yang dikirim ke redaksi beritamoneter

JAKARTA-Zaman semakin canggih, karena itu penyelenggara negara dan masyarakat perlu merespon berbagai kejadian dengan bijak, termasuk mencegah aksi terorisme yang sulit dideteksi. Begitu juga dengan regulasi, perlu ada penyesuaian dalam menghadapi serangan terorisme. “Zaman berubah, akal manusia jahat bertambah canggih, maka wajib UU menyesuaikan,” kata Mantan Ketua DPR Marzuki Alie di Jakarta, Rabu, (21/1/2016).

Marzuki menambahkan tidak ada hasil karya manusia yang sempurna di dunia ini. Demikian pula dengan produk undang-undang terorisme yang sudah ada saat ini.

Sehingga, kata Marzuki, perbaikan demi perbaikan menjadi sesuatu yang lazim untuk dipertimbangkan kedepannya. “Tidak ada yang sempurna, kalau melihat perkembangan dan sikon harus direvisi, jangan diharamkan untuk revisi,” ujarnya.

Marzuki juga mengatakan bahwa pembuatan sebuah undang-undang tentunya mengikuti perkembangan yang terjadi ketika produk hukum tersebut dibuat. Sehingga, ketika telah terjadi perubahan kondisi, tentunya tidak ada yang salah jika dilakukan pula penyesuaian. “UU dibuat disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi, tantangan dan ancaman,” pungkasnya. ***aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

991 ASN Terancam Sanksi Disiplin dan Etik

JAKARTA-Sebanyak 991 Aparatur Sipil Negara (ASN) terancam sanksi disiplin dan

Pemerintah Dilematis Soal Sertifikasi Benih Pangan

MALANG-Pemerintah mengaku dalam posisi dilematis terkait masalah pengawasan dan sertifikasi