30 Waduk Ditargetkan Rampung Pada Tahun 2019

Monday 14 Mar 2016, 1 : 06 pm
by
Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi

JAKARTA-Pemerintah terus menggenjot pembangunan 65 waduk yang telah dicanangkan pemerintah selama periode 2014-2019. Dari ke65 waduk tersebut, sebanyak 49 waduk tergolong baru, sementara 16 waduk lainnya merupakan kelanjutan dari program pembangunan yang belum selesai.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi menargetkan sebanyak 30 waduk akan rampung pembangunannya pada 2019 nanti. “Program presiden Jokowi itu kan untuk 5 tahun ini melaksanakan pembangunan 49 waduk,  sebelum itu kita punya 16 yang on going, jadi total sampai 2019 itu kita akan melaksanakan 65 waduk, nah diperkirakan sebanyak 29-30 waduk akan diselesaikan pada periode (2014-2019) tersebut, sisanya diperkirakan selesai 2021-2022, kan rata-rata pembangunan waduk itu 3-5 tahun ,” tutur Mudjiadi.

Sampai saat ini, jelasnya sebanyak 6 waduk telah selesai dibangun. Keenam waduk itu yaitu waduk Nipah di Madura, Bajulmati di Banyuwangi, Titab di Bali, Jatigede di Sumedang, Rajui di Aceh dan Pandan Duri di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sedangkan ditahun 2017, diperkirakan ada beberapa waduk yang juga rampung pengerjaannya, yaitu waduk Gondang dan Logung di Jawa Tengah dan Teritip di Kalimantan Timur.

Diketahui bahwa dari 65 waduk yang dikerjakan,  sebanyak 49 diantaranya baru dibangun pada periode 2014-2019. Dari jumlah tersebut telah dimulai di tahun 2015 sebanyak 13 waduk yaitu Keureto (Aceh), Seigong (Kepulauan Riau), Karian (Banten), Logung di (Jawa Tengah), Telaga Waja (Bali), Tapin  (Kalimantan Selatan), Passeloreng (Sulawesi Selatan), Lolak (Sulawesi Utara), Raknamo dan Rotiklod (NTT), Tanju, Mila dan Bintang Bano (NTB).

Sedangkan yang akan dimulai di 2016 sebanyak 8 waduk, yaitu, Waduk Rukoh (Aceh), Sukaraja (Lampung), Sukamahi, Ciawi, Cipanas (Jabar), Keris, Ladongi (Sulteng) dan Kuwil (Sultra).

Pemerintah saat ini gencar membuat infrastruktur waduk, Mudjiadi menjelaskan bahwa saat ini jumlah tampungan air untuk 250 juta orang di Indonesia adalah sebanyak 15 juta meter kubik, artinya hanya sekitar 24 kubik per kapita/orang, apabila dibandingkan dengan Thailand saat ini memiliki tampungan 1200 meter kubik per kapita.

Selain itu, Mudjiadi mengatakan pembangunan waduk yang gencar saat ini juga merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan iklim. “Menghadapi perubahan iklim kita harus banyak tampungan (air) nya, salah satu dampak perubahan iklim itu musim hujannya tambah pendek kemarau tambah panjang, intensitas hujannya tambah tinggi otomatis distribusi airnya tidak merata sepanjang tahun, kalau kita punya waduk ini tampungannya banyak airnya kan kita terjamin sepanjang tahun,” kata Mudjiadi.

Selanjutnya pembangunan waduk dilaksanakan untuk menunjang ketahanan pangan, saat ini dari 7,4 juta hektar lahan irigasi, hanya 11% yang airnya dari waduk. “Kalau masalahanya kemarin kan el nino, el nino itu kering, jadi irigasi yang bukan dari waduk akan kekeringan karena sungainya kering, kalau yang dari waduk kemarin tidak ada yg kekeringan. Jadi pembangunan waduk juga berperan dalam meningkatkan keandalan kita untuk ketahanan pangan,” tutup Mudjiadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Warga Tangsel Desak Pemerintah Hentikan Sementara Proyek Tol Serpong-Cinere

TANGERANG-Sebanyak 11 bidang milik warga perumahan Asean Cluster Vila Asri,

Tidak Benar UUCK Mendorong Alih Fungsi Lahan Sawah

JAKARTA-Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) senantiasa melakukan