5 Langkah Transformasi Digital Percepat Perkembangan Ekonomi Syariah

Wednesday 13 Nov 2019, 10 : 24 pm
by
Perry Warjiyo

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) meyakini bahwa transformasi digital dapat mempercepat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Gubernur Bank Indonesia (GBI), Perry Warjiyo, dalam 14th Islamic Financial Services Board (IFSB) Summit sebagai rangkaian kegiatan ISEF 2019 menjelaskan terdapat 5 langkah yang dapat dilakukan yaitu:

Pertama, mendukung digitalisasi perbankan. Kedua, menjamin interlink antara fintech dengan perbankan. Ketiga, mendorong inovasi startup. Keempat, mengembangkan infrastruktur sistem pembayaran dan pasar keuangan.

“Dan kelima, memperkuat kolaborasi dan kerjasama antar negara,” ujar Perry Warjiyo di Jakarta, Rabu (13/11).

Sementara itu, Zeti Akhtar Azis, menyampaikan teknologi digital menjadi kunci dalam mendukung perkembangan ekonomi syariah.

Selanjutnya, Sekjen IFSB, Dr. Bello Lawal Danbatta, menyatakan IFSB siap mendukung negara anggotanya dalam memajukan ekonomi syariah sebagai arus baru ekonomi di dunia dengan mengeksplorasi esensi dalam menghubungkan layanan keuangan inklusif syariah, inovasi teknologi, dan ekonomi yang berkelanjutan menuju ekonomi dan keuangan syariah yang semakin populer dan digunakan dalam ekosistem keuangan global.

Sebagai salah satu pertemuan internasional dan forum tingkat tinggi yang dilaksanakan dalam rangkaian ISEF 2019, 14th IFSB Summit dengan tema Islamic Finance for Sustainable Development in the Era of Technological Innovation merupakan agenda penting yang menyatukan para delegasi untuk mengeksplorasi perkembangan saat ini dan prospek masa depan industri jasa keuangan syariah dalam memetakan batas baru ekonomi dan keuangan syariah dan dalam menghadapi tantangan-tantangan utama untuk menjadi yang terdepan di era digital ini.

Terdapat 5 topik yang dibahas dalam IFSB Summit yaitu 1) Leveraging Islamic Finance to Enhance Socio-Economic Inclusion and Sustainable Development; 2) Mainstreaming Islamic Finance Through Technology: Building a Robust Regulatory Ecosystem; 3) Broadening Acess and Resilience in Digital Islamic Finance : Opportunities and Challenge; 4) Emerging Technology and Innovation in Islamic Finance : Opportunities and Risks; dan 5) The Way Forward for Islamic Finance.

IFSB adalah organisasi yang menetapkan standar internasional di bidang jasa keuangan syariah yang mendorong terwujudnya dan meningkatnya tingkat kesehatan dan stabilitas industri jasa keuangan syariah dengan mengeluarkan standar kehati-hatian yang bersifat global.

Saat ini GBI, Perry Warjiyo, menjabat sebagai Chairman of the Excecutive Committee (EC) IFSB yang beranggotakan 7 (tujuh) perwakilan bank sentral/otoritas keuangan dari Iraq, Nigeria, Arab Saudi, Sudan, Turki, Bangladesh, dan Pakistan. Sementara Deputy Chairman EC dijabat perwakilan dari Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengamat Perkirakan Nasib Jokowi Sama Seperti Soeharto

JAKARTA-Pakar politik yang juga pendukung Jokowi sejak Pilkada DKI Jakarta

Jokowi: Kunci Memenangkan Persaingan Adalah Kecepatan Birokrasi

BALI-Presiden Joko Widodo mengingatkan perubahan global sekarang yang begitu sangat cepat membutuhkan