JCR Pertahankan Peringkat Indonesia Pada BBB+ Dengan Outlook Stabil

Monday 25 Mar 2024, 8 : 57 pm
by
Data menunjukkan 37 juta UMKM atau lebih dari 60% dikelola oleh perempuan dan 35% dari penjulaan online dihasilkan oleh perempuan
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo,

JAKARTA– Lembaga Pemeringkat Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB+ (Investment Grade) dengan outlook stabil pada 22 Maret 2024.

JCR sebelumnya mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB+ dengan outlook stabil (dua tingkat di atas level terendah Investment Grade) pada 27 Juli 2022.

Keputusan ini mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi yang kuat dan utang pemerintah yang terkendali.

JCR memperkirakan utang pemerintah akan menurun secara gradual sejalan dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi dan defisit fiskal pemerintah.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan afirmasi rating Indonesia pada peringkat BBB+ dengan outlook stabil menunjukkan bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini, pemangku kepentingan internasional tetap memiliki keyakinan yang kuat atas terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia.

Hal ini didukung oleh kredibilitas kebijakan serta sinergi bauran kebijakan yang kuat antara BI  dan Pemerintah.

“Ke depan, BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik, merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan tetap terjaga, termasuk penyesuaian lebih lanjut stance kebijakan bila diperlukan, serta terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Di Labuan Bajo, Menpar Berikan Hadiah Pemenang Starup WSA 2019 di Atas Pinisi

LABUAN BAJO-Berbeda dari acara tahun sebelumnya, penyelenggaraan Wonderful Startup Academy

PDIP Terima Penghargaan Rekor MURI dan Leprid

BOGOR-Lomba rakyat diselenggarakan di sela-sela kegiatan penyerahan piagam penghargaan untuk