Bank Danamon Dapat Pinjaman USD 50 Juta dari Wells Fargo

46

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. menandatangani kerjasama pembiayaan senilai USD 50 juta dengan Wells Fargo, salah satu lembaga perbankan terkemuka di Amerika Serikat. Pembiayaan yang disalurkan oleh Wells Fargo ini dijamin oleh Overseas Private Investment Corporation (OPIC), yang merupakan lembaga pembiayaan yang dimiliki oleh Pemerintah Amerika Serikat yang ditujukan untuk pembangunan, dimana pinjaman ini akan digunakan untuk menyalurkan pembiayaan kepada segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Danamon.

Acara penandatanganan yang bertempat di Menara Bank Danamon di Jakarta ini, dilaksanakan oleh Presiden Direktur Danamon, Henry Ho dan Direktur, Treasury, Capital Market, Financial Institutions & Transactional Banking Danamon, Pradip Chhadva, serta Richard Yorke, Head of International Group, Wells Fargo. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Scot Marciel, Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia dan Jim Ho, Head of Asia – Wells Fargo Bank N.A. “Kami sangat bangga dengan adanya kerjasama strategis ini dengan Wells Fargo Bank N.A dan OPIC, yang merupakan lembaga keuangan terkemuka di Amerika Serikat. Kerjasama ini mencerminkan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan tulang punggung perekonomian Indonesia, yaitu sektor UMKM,” ujar Presiden Direktur Danamon Henry  Ho di Jakarta, Kamis (7/3).

Sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka di segmen UMKM yang diperkuat oleh lebih dari 3.300 cabang dan outlet di seluruh Indonesia,  Henry yakin kerjasama pembiayaan ini dapat memberi kesempatan bagi banyak UMKM Indonesia untuk bertumbuh. Hal ini akan berkontribusi kepada perekonomian Indonesia dan juga menyejahterakan masyarakat. “Oleh karena itu, kerjasama ini sejalan dengan visi Danamon, yaitu ‘peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan,” kata dia.

Menurut dia, pembiayaan senilai USD 50 juta tersebut memiliki jangka waktu tiga tahun dengan opsi diperpanjang sampai lima  tahun yang disalurkan melalui Wells Fargo, yang merupakan bank terbesar keempat di Amerika dan ke-24 di dunia dalam segi aset dengan aset senilai USD 1,161 triliun dan memiliki pengalaman lebih dari 160 tahun.

Danamon sebelumnya telah menandatangani perjanjian pembiayaan senilai USD 20 juta dengan OPIC pada tahun 2011. Kerjasama ini merupakan yang kedua kalinya Danamon menerima pembiayaan dari OPIC. OPIC menggunakan modal swasta untuk menanggapi tantangan global dengan memberikan dukungan kepada para investor melalui pinjaman, garansi, dan asuransi risiko politik kepada private equity investment funds.

Peranan OPIC dalam kerjasama pembiayaan ini adalah memberikan garansi atau menjamin Danamon untuk dapat diberikan fasilitas pinjaman jangka panjang melalui Wells Fargo Bank. Pembiayaan ini akan digunakan untuk mendanai penyaluran kredit Danamon kepada nasabah usaha kecil dan menengah serta nasabah usaha mikro melalui Danamon Simpan Pinjam, unit pembiayaan mikro Danamon yang melayani pedagang di pasar tradisional. “Kredit UMKM mencakup 31% dari total portofolio kredit Danamon pada akhir tahun 2012. Oleh karena itu, kami menyambut positif kemitraan strategis ini. Kerjasama dengan OPIC dan Wells Fargo ini mendukung strategi kami dalam pendanaan jangka panjang dan pengelolaan likuiditas,” kata Pradip Chhadva, Direktur, Treasury, Capital Market, Financial Institutions & Transactional Banking Danamon.