Defisit Neraca Perdagangan Sejalan Peningkatan Aktivitas Ekonomi Domestik

Wednesday 16 May 2018, 12 : 45 am
by
ilustrasi

Neraca perdagangan migas mencatat peningkatan defisit dipengaruhi menurunnya ekspor migas, di tengah meningkatnya impor migas.

Defisit neraca perdagangan migas April 2018 tercatat 1,13 miliar dolar AS, naik dari 0,90 miliar dolar AS pada Maret 2017. Perkembangan ini dipengaruhi oleh ekspor migas yang turun 0,15 miliar dolar AS (mtm), terutama ekspor minyak mentah.

Sementara itu, impor migas naik sebesar 0,08 miliar dolar AS (mtm), terutama bersumber dari impor hasil minyak dan gas. Secara kumulatif, neraca perdagangan migas mengalami defisit 3,81 miliar dolar AS, lebih tinggi dari defisit pada periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 3,19 miliar dolar AS.

BI memandang defisit neraca perdagangan April 2018 tidak terlepas dari peningkatan kegiatan produksi dan investasi, sejalan dengan membaiknya prospek perekonomian domestik.

“Ke depan, BI meyakini kinerja neraca perdagangan akan membaik seiring berlanjutnya pemulihan ekonomi dunia dan harga komoditas global yang tetap tinggi. Prakiraan ini pada gilirannya akan mendukung prospek pertumbuhan ekonomi dan ketahanan neraca transaksi berjalan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Investor Masih Cukup Berhati-hati

JAKARTA-S&P Jumat kemarin ditutup menguat tipis 0.03% dimana perbaikan tingkat

Penjualan Eceran Januari 2019 Tumbuh Tinggi

JAKARTA – Penjualan eceran tumbuh tinggi pada Januari 2019. Hal tersebut