Di Wonogiri, Sektor Pertanian Butuh Fasilitas Pembiayaan

112

WONOGIRI-Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menegaskan sektor pertanian perlu mendapat perhatian pemerintah. Karena itu untuk mendongkrak keberhasilan, maka perlu didukung akses permodalan. “Fasilitas pembiayaan ini sangat penting agar petani bisa memperoleh bibit berkualitas,” katanya disela-sela diskusi dalam rangkaian kegiatan Media Gathering Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Wonogiri Jawa Tengah, Sabtu (8/4/2017).

Dia berharap praktik rentenir yang biasa menjerat masyarakat pedesaan bisa dihapus dengan cara menggunakan fasilitas pembiayaan modern. “Fasilitas pembiayaan, biar masyarakat enggak terjebak rentenir, didapil saya di Nusa Tenggara Barat masih banyak rentenir, disana bunga pinjaman bisa sampai 100 persen,” ujarnya.

Diakui Fahri, akses permodalan dan pembiayaan menjadi masalah umum dan biasa terjadi di sejumlah daerah.

Lebih jauh Fahri meminta agar Kabupaten Wonogiri terus mempertahankan prestasinya sebagai daerah peraih Kalpataru.

Dia berharap penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain. “Saya katakan Wonogiri ini harus bisa jadi contoh daerah lain,” ujarnya.

Menurutnya, Wonogiri harus dapat menjadi daerah yang dapat maju dengan produk pertanian nya agar tidak bergantung kepada asing.
“Saya usulkan Wonogiri karena buah-buahan nya bagus dapat mengubah diri jadi daerah yang produk manufaktur, barang pertaniannya bisa tampil berdaya saing dengan pasar luar,” tambahnya.

Dia pun meminta agar Wonogiri harus ada kontak dengan kota besar lainnya supaya dijual ke kota lain lebih tinggi. ***