Dorong Peningkatan Wirausaha, UKM Jangan Dipajaki

Thursday 18 Oct 2012, 7 : 57 am
by
Politikus Senior Partai Demokrat, Syarief Hasan

JAKARTA-Pemerintah tetap berharap pengusaha kecil, alias UMKM tak kena pajak penghasilan (PPh).

Oleh karena itu sebaiknya fokus pada pengusaha besar.

“Yang miliaran itu yang dikejar silahkan saja. Yang dijaga yang kecil-kecil saja,” kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarif Hasan di Jakarta,18/10/12.

Menurut Syarif, hingga saat ini pemerintah belum menetapkan peraturan mengenai pajak penghasilan (PPh) untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Belum final. Sedikit lagi. Perhitungannya 1% sementara itu,” ujarnya.

Bahkan Syarif mengharapkan agar usaha mikro tidak dikenakan pajak sama sekali.

“Saya sih maunya yang mikro itu yang paling tinggi Rp 100-200 juta per tahun sudah tidak usah dipajakin lagi,” jelasnya.

Terkait pengesahan UU Koperasi, Syarif mengatakan dalam UU tersebut hanya mengizinkan 4 jenis koperasi.

“Di UU itu hanya akan ada 4 jenis koperasi, koperasi produsen, simpan pinjam, jasa, dan konsumen. Kalau ada koperasi yang menjalankan investasi tandanya itu bukan domainnya,” tambahnya.

Mantan Ketua F-Partai Demokrat ini mengungkapkan UU baru ini akan memberikan pengawasan terhadap koperasi sehingga tidak ada lagi koperasi nakal yang menipu masyarakat.

“Nakalnya sudah tidak ada, kita akan sosialisasikan kepada masyarakat. Kalau ada koperasi yang menjalankan bisnis di luar UU berarti ilegal,” tegasnya.

Bahkan, lanjut Syarif, untuk koperasi simpan pinjam akan diawasi oleh akuntan publik agar dapat menjalankan usaha tersebut sesuai dengan standard pengelolaan keuangan.

“Kita mendorong agar koperasi itu tidak hanya skala kecil, skala besar perlu ada pendampingan supaya dari sisi akuntabilitas dapat dipertanggungjawabkan karena koperasi itu kita inginkan dari sisi finansialnya betul-betul mengikuti standard keuangan yang baku, diaudit oleh akuntan publik. Semua koperasi khususnya simpan pinjam,” paparnya.

Dengan demikian, Syarif menyatakan perlindungan konsumen dapat ditingkatkan.

“Kemudian bagaimana supaya dana anggota itu bisa aman. Bagaimana koperasi itu lebih bermasyarakat, pengawasan ini ditingkatkan,” pungkasnya. **

Don't Miss

Said Abdullah: Ganjar-Mahfud Penerus Ideologis dan Gen Politik Jokowi

JAKARTA-Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah menegaskan Ganjar Pranowo dan

Triwulan I-2014, Realisasi Proyek MP3EI Mencapai Rp838,9 T

JAKARTA-Realisasi proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) dari 27