Fahri : OJK Harus Agresif Tuntaskan Kasus First Travel

Friday 25 Aug 2017, 2 : 37 pm
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah

JAKARTA-Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendesak agar Otoritas Jasa Keuagan (OJK) bisa lebih agresif dalam memberantas ponzi dalam lini bisnis yang diduga digunakan Perusahaan biro perjalanan umroh First Travel. Mestinya, tidak ada lagi bisnis atau investasi yang mendatangkan keuntungan secara irasional. “Dan OJK harus agresif lho. Sudah sekian tahun OJK, masak ponzi masih ada,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Fahri menduga kuat perusahaan biro perjalanan umroh First Travel menggunakan skema ponzi dalam menjalankan bisinisnya. Oleh karena itu DPR meminta kepolisian dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menelusuri aliran uang mengalir kemana saja.
“Saya dulu pernah mempelajari skema ponzi itu sebetulnya lebih kompleks dari yang kita baca,” tambahnya.

Lebih jauh mantan Ketua KAMMI, masyarakat jangan mendramatisir dulu keberadaan dan tindakan suami isteri pengelola First Travel. “Hati-hati ponzi ada struktur lainnya kadang-kadang orang ini hanya dipakai karena punya kredibilitas mampu ngomong,” terangnya.

Dalam menelusuri kasus itu, Fahri mengusulkan polisi memakai aturan mengenai tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk melacak aliran uang para jemaah. Sehingga dengan begitu, bisa diketahui kemana saja dana para jamaah haji yang menjadi korban tersebut mengalir. “Nanti akan ada mafia yang mengatur uang dialirkan ke mana dan mereka ini luar biasa. Jadi uang yang tersusun itu, dipakai secara tidak bertanggung jawab,” terang Fahri yang juga menjabat Ketua Timwas Haji DPR RI itu.

Diakui Fahri, kasus ini awalnya perdata, karena semakin menyangkut banyak orang baru jadi pidana. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Banyak Elemen NU dan Muhammadiyah Masuk PDIP, Hasto: Kami Saudara Tua

JAKARTA-Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan wajar apabila

Bank OCBC NISP Tingkatkan Layanan Simple and Convenience

JAKARTA-Bank OCBC NISP yang berkomitmen untuk menjadi partner bagi nasabahnya