Hadiri KTT ASEAN-AS, Indonesia Dorong Peningkatan Kerjasama Ekonomi

Monday 15 Feb 2016, 11 : 15 am
by
Presiden RI, Joko Widodo tiba di Indian Wells, California, Amerika Serikat Pukul 17.49 waktu setempat (14/2). dok setkab

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS (ASEAN-US Summit) yang digelar selama dua hari (15-16 Pebruari) di Sunnylands, California, AS. Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju ke San Fransisco, California, AS, untuk menyampaikan pidato kunci pada acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada tanggal 17 Februari 2016.

Dalam keterangan pers sesaat sebelum meninggalkan Jakarta, Presiden Jokowi menyampaikan Indonesia akan mengusung tema ‘Kerja sama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan (Partnership for Peace and Prosperity)’.

Presiden menilai, baik ASEAN maupun AS memiliki kewajiban untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan serta dunia. “Kemitraan ASEAN-AS harus mendatangkan manfaat seimbang bagi kesejahteraan rakyat ASEAN dan AS,” kata Presiden seperti dikutip Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana Senin (15/2).

Untuk mewujudkan kesejahteraan, Presiden mengatakan, Indonesia akan mendorong peningkatan kerja sama ekonomi di bidang UMKM, promosi kewirausahaan dan inovasi, termasuk pengembangan ekonomi digital. Sedangkan upaya untuk mewujudkan perdamaian, Presiden mengaku akan bertukar pikiran dengan para pemimpin ASEAN dan Amerika Serikat mengenai perdamaian di kawasan.

Presiden Jokowi dijadwalkan untuk memimpin sesi pembahasan mengenai terorisme. “Kesempatan ini akan saya gunakan untuk berbagi pengalaman sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dalam membangun toleransi, mencegah radikalisasi serta memberantas terorisme,” ujar Presiden.

Lebih lanjut Presiden menyatakan bahwa Indonesia juga akan mengangkat pentingnya keterlibatan masyarakat, termasuk melalui media sosial, dalam melawan terorisme. ‎

Di San Fransisco, selain menghadiri US-ABC, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke Silicon Valley. “Kesempatan ini akan digunakan untuk bertemu dengan CEO perusahaan-perusahaan raksasa di bidang IT,” kata Presiden.‎

Presiden Jokowi juga akan menggunakan kesempatan kunjungan ke AS kali ini untuk bertemu dengan diaspora Indonesia di San Fransisco yang jumlahnya cukup besar.

Setelah menempuh perjalanan selama hampir 23 jam dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta dan transit di Guam dan Honolulu, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Palm Springs, California, Amerika Serikat, Minggu sore, 14 Februari 2016, pukul 17.00 Waktu Setempat (WS).

Presiden dan Ibu Negara disambut di pintu pesawat oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono dan Assistant Chief of Protocol Amerika Serikat Gladys Boluda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Benny Sabdo

RPI Mendukung Perubahan UUD 1945

JAKARTA-RESPUBLICA Political Institute (RPI) mengapresiasi langkah PDI Perjuangan yang akan

Asuransi Cakrawala Proteksi Bukukan Premi Rp 510 Miliar

MANADO-PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia mencatat kinerja postif hingga akhir