Harga dan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok H-2 Puasa Aman

Friday 27 Jun 2014, 5 : 08 pm
by

JAKARTA-Pemerintah memastikan harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok menjelang H-2 puasa aman. Kondisi tersebut ditunjang oleh tersedianya pasokan yang cukup untuk komoditas barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabe merah, dan bawang merah sehingga diharapkan ketersediaan dapat terjamin hingga H-1 dan pasca-Lebaran. “Kami akan terus berupaya agar pasokan barang kebutuhan pokok selalu cukup tersedia di pasar-pasar sehingga harga tetap stabil. Masyarakat juga diharapkan tidak melakukan pola belanja yang berlebihan menjelang Lebaran karena dapat memicu kenaikan harga,” kata Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi usai melakukan pemantauan di pasar tradisional Kramat Jati dan Pasar Induk Sayur Mayur Kramat Jati di Jakarta, Jumat (27/6).

Turut hadir dalam acara pemantauan harga ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, Kepala Bulog Soetarto Ali Moesa, Anggota Komisi VI DPR Edi Kuntadi, serta Perwakilan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang. Pemantauan ini dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat khususnya pada bulan puasa dan Lebaran 2014.

Memasuki bulan puasa, harga beberapa barang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kramat Jati terpantau relatif stabil dalam tiga hari terakhir. Kondisi tersebut ditunjang oleh tersedianya pasokan yang cukup untuk komoditas barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabe merah, dan bawang merah sehingga diharapkan ketersediaan dapat terjamin hingga H-1 dan pasca-Lebaran.

Setelah mengunjungi beberapa kios barang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kramat Jati, Mendag mendapatkan bahwa harga telur ayam ras di pasar tersebut sekitar Rp 19.500/kg. “Harga ini lebih rendah dibanding harga rata-rata telur ayam ras di tingkat nasional yaitu Rp 20.755/kg,”jelasnya.

Menurut Mendag, hal yang sama juga terjadi untuk gula pasir dan minyak goreng curah dimana harganya masing-masing adalah Rp 11.000/kg dan Rp 11.364/liter atau lebih rendah dibanding harga rata-rata nasional yaitu masing-masing Rp 11.262/kg dan Rp 11.579/liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenperin Bimbing 1.000 Peserta untuk Penilaian Mandiri Penerapan Industri 4.0

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk mempercepat transformasi digital di sektor

Suara PSI Direkayasa, Ini 3 Ambisi Jokowi di Pemilu 2024

JAKARTA-Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Demokratis kembali membongkar modus pengelembungan