Kasus Debora, KPAI Tunggu Klarifikasi Utuh RS Mitra Keluarga

Monday 11 Sep 2017, 4 : 05 pm
by

JAKARTA-Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyesalkan tragedi meninggalnya ananda Tiara Debora Simanjorang pada Ahad (3/9) lalu di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat.

“Prinsipnya adalah, kasus ini harus menjadi pintu masuk untuk perbaikan layanan kesehatan secara konprehensif,” kata ketua KPAI, Susanto saat Konferensi Pers di kantor KPAI, Jakarta, Senin (11/9).

Susanto menambahkan, KPAI sedang mendalami kasus ini dengan menggali informasi secara berimbang.

Dalam waktu dekat, KPAI akan menggali informasi dari pimpinan RS, klarifikasi secara utuh terkait sistem dan layanan yang telah dilakukan.

“Kami meminta kepada Kementerian Kesehatan untuk segera melakukan investigasi terkait kasus ini dan KPAI siap menjadi bagian dari tim tersebut. Kami juga meminta pemerintah agar melakukan langkah-langkah perbaikan terkait sistem layanan kesehatan ramah anak, pembinaan secara berkala, kontrol layanan yang kontinyu dan pemastian semua RS merealisasikan UU,” terang Susanto.

Karena, lanjutnya, menurut pasal 2 UU No. 44 Tahun 2009 menyatakan RS diselenggarakan berasaskan Pancasila dan didasarkan pada nilai kemanusiaan. Sementara pasal 3 menyatakan RS bertujuan memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien.

Di lain pihak, pasal 29 ayat 1 e menyatakan setiap RS mempunyai kewajiban menyediakan sarana dan layanan bagi mesyarakat tidak mampu dan miskin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menteri Johnny: Google Proyeksi Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp2 Ribu Triliun di 2025

DAVOS-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, melakukan pertemuan

KEIN Sampaikan Rekomendasi Agar Pertumbuhan Ekonomi Bisa 7%

JAKARTA-Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah