Lawan Hoax dan Ujaran Kebencian Dengan Kekuatan Semesta

Saturday 14 Apr 2018, 1 : 15 pm
by
Direktur Eksekuti Lembaga EmrusCorner, Dr Emrus Sihombing

POLDA SUMUT

Polda Sumut, seperti yang dibuat oleh Kapoldanya, lewat lagu bertajuk “Saya Indonesia, Saya Anti Hoax” telah berkontribusi mengatasi persoalan bangsa terkait dengan maraknya hoax belakangan ini.

Menurut pengamatan saya, lagu tersebut telah viral. Publik luas sudah mengetahui lagu tersebut. Untuk itu, perlu upaya selanjutnya agar lagu ini disukai oleh semua masyarakat di Indonesia dengan menyayikan lagu tersebut sebelum dan atau setelah sebuah acara formal berlangsung. Dengan demikian, isi lagu tersebut meresap dan menjadi kebiasaan dalam perilaku keseharian setiap WNI.

Untuk pengutan, misalnya, lagu “Saya Indonesia, Saya Anti Hoax” dapat dinyanyikan di tengah acara adat pernikahan orang Batak, sebagainana lagu “Anak Medan”

Kontribusi dalam bentuk lagu tersebut, menurut saya, sesungguhnya menggunakan kearifan lokal Sumut. Sebab, masyarakat Sumut sangat dekat dengan musik dan lagu. Karena itu, lagu ini sangat efektif menolak hoax di Indonesia, khususnya di Sumut.

Penulis adalah Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

FIMP Targetkan Laba Bersih Di 2023 Tumbuh 35%

JAKARTA-PT Fimperkasa Utama Tbk (FIMP) menargetkan pertumbuhan laba bersih untuk
etua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menghadiri acara Malam Penganugerahan Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XVIII/2022. Foto: Ist

Serahkan ‘Achmad Bakrie Award’, Puan Maharani Ucapkan Para Ilmuwan Penerima ‘Award’

JAKARTA-Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menghadiri acara Malam