MTQ ke-17 Resmi Dibuka, Walikota Minta Jaga Nilai AlQuran

Tuesday 16 Feb 2016, 2 : 02 am
by
photo ilustrasi/dok onjurnalindonesia.blogspot.com

TANGERANG-Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-17 tingkat Kota Tangerang yang digelar di Komplek Angkasa Pura, Neglasari, Senin (15/02).

Dalam sambutannya, Arief mengingatkan kepada seluruh undangan yang hadir tentang makna pelaksanaan MTQ yang hampir tiap tahun selalu dilaksanakan baik di tiap Kota/Kabupaten dan Propinsi maupun Nasional. “Hal terpenting dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana kita bisa mengamalkan dan menghayati nilai-nilai dan isi Al Quran,” ujarnya.

Arief mengatakan lomba MTQ ini harus mengedepankan kejujuran. Sikap ini harus menjadi komitmen peserta lomba. Karena , itu, Walikota menginstruksikan agar setiap kafilah mengirimkan peserta lombanya asli dari Tangerang. “Jangan sampai nilai-nilai Al Quran yang menjadi nafas lomba ini pudar oleh keinginan ingin memenangkan kompetisi MTQ, karena hal paling penting dari kompetisi ini adalah syiar dan dakwah nilai-nilai islamiyah yang terkandung dalam Al quran,” sambungnya lagi.

Untuk itu, Arief meminta kepada dewan hakim yang terhormat agar menilai secara objektif dan memilih kader-kader yang potensial.

Lebih lanjut, Walikota juga menyampaikan rencana membangun kampung haji yang berlokasi tidak jauh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang. Kampung Haji tersebut diharapakan bisa menjadi penampungan jamaah haji dari Tangerang Raya dan Banten serta daerah sekitarnya selain tentunya sebagai sarana promosi produk-produk ataupun jajanan khas Kota Tangerang. “Tahun ini sudah mulai pengerjaannya,” Jelasnya.

Pelaksanaan MTQ XVII tingkat Kota Tangerang dilaksanakan dari tanggal 15-19 Februari 2016 bertempat di Komplek Perumahan Angkasa Pura II Neglasari, Kota Tangerang. Dan MTQ XVII kali ini akan melombakan 10 cabang perlombaan, antara lain Cabang Tilawah, Cabang Hifzil Quran, Cabang Qiroah Sabah, Cabang Khottil Quran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran, Cabang Qiroatil Quran, Cabang Qiroatil Kutub, Cabang Musabaqoh menulis kandungan Al Quran, dan Hidlfdzil Hadits serta Cabang Tafsir Quran.

Sebelum acara pembukaan, pelaksanaan MTQ XVII kali ini dilaksanakan pula Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai kalangan termasuk jamaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kota Tangerang dan juga dari warga non muslim lain. Adapun jumlah peserta untuk MTQ XVII berjumlah sekitar 520 peserta dan Dewan Hakim 100 orang. (Raja Tama)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenperin: Perlu Kesiapan SDM Guna Dukung Industri Hijau

JAKARTA-Industri manufaktur global semakin berorientasi pada praktik berkelanjutan (sustainable practice).

Per Akhir Agustus, PTPP Raih Kontrak Baru Sebesar Rp11,24 Triliun

JAKARTA-PT PP (Persero) Tbk (PTPP) melaporkan bahwa hingga akhir Agustus