Pengendalian Impor Harus Dilanjutkan

Tuesday 16 Oct 2018, 4 : 49 pm
by

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menegaskan upaya pengendalian impor dilanjutkan menyusul posisi neraca perdagangan yang surplus. Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa neraca perdagangan sepanjang September 2018 lalu menunjukkan adanya surplus kurang lebih 230 juta dollar AS.

“Ini memperlihatkan arah perkembangan yang baik dari kinerja ekonomi kita, karena pada rapat rapat yang lalu kita selalu berkonsentrasi untuk menekan impor dan meningkatkan ekspor,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna tentang Evaluasi Penanganan Bencana, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/10).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BPS melaporkan bahwa nilai ekspor Indonesia pada September 2018 mencapai 14,83 miliar dollar AS. Sedangkan nilai impor pada bulan yang sama tercatat 14,60 miliar dollar AS. Dengan demikian, neraca perdagangan bulan September 2018 itu tercatat surplus sekitar 230 juta dollar AS.

Meski sudah menunjukkan angka surplus, Presiden Jokowi dalam sidang kabinet paripurna itu meminta kembali agar langkah-langkah terobosan dalam rangka meningkatkan ekspor dan mengendalikan impor harus terus dilanjutkan, dipantau terus di lapangan, sehingga bulan-bulan ke depan juga masih surplus.

“Saya juga minta bapak menteri bekerja lebih detil dalam rangka upaya peningkatan ekspor, baik migas maupun non migas. Tolong migasnya juga dilihat, non migasnya juga terus di lihat,” tegas Presiden.

Sementara yang berkaitan dengan program Biodiesel-20 (B-20), Presiden meminta laporan, dan harus dipastikan eksekusinya di lapangan. “Saya mendengar ada sedikit masalah mengenai pasokan dari CPO, nanti saya minta laporan mengenai hal ini,” ucap Presiden Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih

Komisi X Dorong Tendik Segera Diangkat PPPK

JAKARTA-Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mendorong

Niat Tingkatkan Ekspansi, PSSI Putuskan Berutang USD20 Juta ke Citibank

JAKARTA-PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) memutuskan untuk manarik utang