Pilot Project Branchless Banking Berjalan Mulus

107

JAKARTA-Uji coba bank tanpa kantor atau branchless banking  yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada Mei  2013 lalu, berjalan dengan mulus, terbukti belum ada pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan pilot project tersebut. “Secara visual konsepnya bagus dan sudah jalan. Sampai sekarang tidak ada laporan maupun pengaduan, artinya ini cukup mengembirakan,” ujar Direktur Eksekutif Hubungan Masyarakat BI, Difi A. Johansyah usai acara diskusi program MoneyMinded dmi ANZ Tower, di Jakarta, Rabu (19/6).

Seperti diketahui, BI lalu meluncurkan pilot project branchless banking dengan menggandeng Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTPN, Bank CIMB Niaga, dan Bank Sinar Harapan Bali sebagai pelaksana pilot project. Tidak hanya itu, untuk mendukung pilot project tersebut BI juga menggandeng perusahaan telekomunikasi yakni Telkomsel, XL, dan Indosat.

Sedangkan, pilot project ini dilakukan di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Hingga saat ini kata Difi, bank-bank pelaksana pilot project telah menjalankan program sesuai dengan pedoman yang dibuat oleh BI.  Akan tetapi, hingga saat ini, bank sentral belum dapat menjelaskan secara rinci terkait perkembangan dari pilot project tersebut termasuk pengaruhnya terhadap penambahan jumlah rekening.
Namun demikian kata dia, laporan detil mengenai perkembangan dan kendala yang dihadapi akan keluar paska pilot project tersebut rampung dilaksanakan yakni November 2013 mendatang. “Laporanya belum ada, tapi yang penting nanti kita lihat melaui pilot project ini kita bisa membuat standarisai program branchless banking agar bisa dijalankan oleh bank-bank lain,”jelas  Difi.