Raih Pendanaan $3,3 Juta, Thunkable Lansir “Thunkable X”

28

SAN FRANCISCO-Thunkable, platform yang mendukung siapa saja untuk membuat aplikasi seluler yang asli (native), mengumumkan peluncuran Thunkable ✕ di San Francisco, Selasa (5/6). Thunkable ✕ merupakan alat membuat aplikasi yang lintasplatform. Artinya, seluruh aplikasi yang dibuat dengan Thunkable ✕ bisa dipakai di perangkat Android maupun iOS.

“Biasanya, membuat sebuah aplikasi dapat memerlukan dana ratusan ribu dolar dan dua tim ahli teknik–satu tim untuk Android dan satu tim lagi untuk iOS. Namun kini, kalangan yang bukan programer (non-coders) bisa dengan mudah membuat aplikasinya sendiri dalam satu platform, dan aplikasi tersebut akan dapat dipakai di perangkat Android, iPhone dan iPad,” jelas Arun Saigal, Salah Satu Pendiri dan CEO Thunkable.

Menurut Forrester Research, pasar bagi platform low-code/no-code akan mencapai $16 miliar pada 2020. Di pasar yang tengah berkembang ini, Thunkable telah berada di posisi yang tepat untuk menjadi pemimpin pasar dalam pembuatan aplikasi DIY.

Saat ini, ada lebih dari 500.000 pengguna Thunkable yang membuat lebih dari 1 juta aplikasi. Aplikasi yang dibangun dengan Thunkable memiliki +16 juta pengguna aktif per bulan (MAU), di 195 negara.

Yang membedakan Thunkable dalam bidang no-code/low code, fitur visual drag and drop dengan bahasa pemrograman termasuk cukup sederhana bagi siapa pun yang memakainya. Pada saat bersamaan, bahasa pemrograman tersebut mumpuni dan dapat disesuaikan untuk membuat aplikasi yang tak dapat dibedakan dari aplikasi buatan ahli teknik peranti lunak.

Pendekatan ini diprakarsai oleh para peneliti di Google dan MIT, tempat Thunkable diinkubasi.

“Miliaran orang memiliki ponsel yang canggih, namun hanya beberapa ahli teknik yang mampu memrogram ponsel tersebut. Kami berupaya memberdayakan seluruh pengguna ponsel canggih agar dapat membuat teknologi selulernya sendiri,” tutur -Weihua James Li, Salah Satu Pendiri dan CTO Thunkable.

Para pengguna Thunkable dapat memilih beragam fitur dan integrasi untuk aplikasinya, termasuk Google Maps, Microsoft Image Recognition, metode pembayaran dengan memakai Stripe serta beberapa API lainya.

Hingga kini, Thunkable telah menghimpun pendanaan sebesar $3,3 juta dari Lightspeed Venture Partners, NEA, SV Angel, Y Combinator, PJC, Mandra Capital, Joe Montana’s Liquid 2 Ventures dan Zhen Fund.