RIM Bermasalah, XL Kena Dampak

43
engadget.com

 JAKARTA-Layanan BlackBerry Messenger (BBM) hampir di seluruh Indonesia terganggu. Bahkan gangguan itu diperkirakan problem pada penyedia layanan tersebut, Resarch in Motion (RIM). “Kemungkinan yang besar ya di jaringan RIM yang bermasalah,” kata Manajer Komunikasi Ekternal PT XL Axiata Tbk, Henry Wijayanto, Rabu (3/7).

Menurut Henry, dampaknya memang bisa mengganggu operator di dalam negeri. “Layanan BBM XL juga ikut terkendala,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan kabar dari operator telekomunikasi lainnya juga mengalami hal yang sama, padahal seluruh operator tak mengalami masalah dengan jaringannya. “Jaringan XL sejauh ini tidak masalah,” tegasnya

Operator seluler XL melalui akun Twitter-nya @XLCare pun telah mengonfirmasi masalah ini. “Saat ini pihak BlackBerry menginfokan sedang terjadi incident yang menyebabkan kendala pada browsing & aplikasi social media khusus pengguna BlackBerry,” tulis akun tersebut.

Hal serupa dilakukan operator Axis melalui akun Twitter, @ask_AXIS, dengan pesan: “Temans, maaf ya apabila BBM, browsing, dan akses social media-mu dari Blackberry berkendala”.

Informasi tersebut dipertegas oleh Head of Corporate Communications Axis, Anita Avianty. Menurutnya, pihak Axis sudah menerima notifikasi dari BlackBerry tentang adanya gangguan pada browsing dan BBM. “Tapi gangguan ini hanya terjadi pada pelanggan yang memakai ponsel BlackBerry OS. Pengguna BlackBerry 10 tidak mengalami gangguan,” ungkap Anita.

Namun, tampaknya gangguan ini hanya terjadi di beberapa operator tertentu saja. Saat KompasTekno mencoba layanan operator Telkomsel, BBM tetap dapat berjalan seperti biasa.

Ketika dihubungi, Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia, mengaku belum mengetahui adanya gangguan ini. “Hari ini tidak ada masalah. Biasanya kalau ada masalah, tim digital kita akan kasih informasi. Tapi hari ini tidak terjadi apa-apa, nanti coba saya cek lagi,” kata Yolanda. **can