Sebulan, Proses Penentuan Investor Bank Mutiara

Wednesday 15 May 2013, 6 : 37 pm

JAKARTA-Calon investor pembeli Bank Mutiara baru diumumkan resmi bulan Juni 2013. Alasannya ada proses dan prosedur yang harus dilalui. Sehingga memakan waktu sekitar satu bulan. “Ini berdasarkan pengalaman tahun lalu bahwa perlu waktu sekitar satu bulan untuk proses menentukan pemenang,” kata Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Samsu Adi Nugroho di Jakarta,Rabu,(15/5)

Oleh karena itu, kata Samsu lagi, meskipun hari ini merupakan hari terakhir bagi calon pembeli PT Bank Mutiara Tbk. Maka tetap saja calon investor yang memenangkan penawaran belum bisa diketahui secara pasti. “Sejauh ini, sudah ada sekitar lima calon investor yang berminat,” tambahnya

Sementara itu,Direktur LPS, Mirza Mochtar, tidak banyak memberikan keterangan saat ditanya mengenai asal investor yang akan masuk. “Saat ini masih dipegang agen (Danareksa Sekuritas) dan kami belum mengetahuinya,” kata Mirza.

Kemungkinan besar saat ini, LPS lebih banyak berharap pada investor kawasan Asia dan Timur Tengah untuk pembelian Bank Mutiara senilai Rp 6,7 triliun. Alasannya, pemodal dari kawasan tersebut yang saat ini memiliki dana banyak ketimbang investor dari Eropa dan AS.

Namun sayangnya, saat ini PT Bank Mutiara Tbk sepanjang tiga bulan pertama tahun ini mencatatkan laba bersih tahun berjalan Rp 18,66 miliar atau turun 57,12 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 43,53 miliar.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan hari ini, Selasa (14/5/2013) diketahui salah satu penyumbang penurunan laba adalah naiknya kerugian transaksi spot dan derivatif menjadi Rp 60,46 miliar dari akhir Maret 2012 sebesar Rp 40,17 miliar. Hal itu menyebabkan beban operasional bank ini melonjak hampir 50 persen menjadi Rp 69,89 miliar dari periode yang sama tahun lalu Rp 35,2 miliar. 

Di sisi lain, pendapatan bunga bersih Mutiara pada sepanjang triwulan I 2013 berhasil meraup sebesar Rp 93,79 miliar atau naik 22,61 persen dari akhir Maret 2012 sebesar Rp 76,49 miliar.

Adapun, total kredit yang berhasil disalurkan bank yang dulu bernama Bank Century ini sebesar Rp 11,21 triliun atau naik tipis 0,5 persen dari Rp11,14 triliun pada akhir triwulan I 2012. Sementara itu, dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sebesar Rp 13,59 triliun, atau naik tipis dari akhir triwulan I 2012 Rp 13,45 triliun. **can

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MK Bisa Batalkan Perpu SBY

JAKARTA- Peraturan Pemerintah Pengganti (Perpu) Undang Undang Nomor 1 Tahun

Ada Layanan ODSP, SKK Pangkas Perizinan Jadi 3 Hari

JAKARTA-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas