Soal Terminal 3 Ultimate, Kemenhub Ultimatum PT Angkasa Pura II

Soal Terminal 3 Ultimate, Kemenhub Ultimatum PT Angkasa Pura II

0
BERBAGI
Photo Raja Tama

TANGERANG-Tim Comisioning Direktorat Jendral Perhubungan Udara (Dirjen Hubud), Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memberi tenggat waktu kepada pihak PT. Angkasa Pura (AP)II hingga tanggal 16 Juni 2016 untuk merampungkan segala persiapan dalam rencana operasionalisasi terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (BSH).  “Hasil evaluasi memberikan cut of date tanggal 16 Juni sebelum resmi dioperasikan pada 20 Juni mendatang. Tidak ada lagi hal-hal yang kurang, terlebih hal wajib dalam standard operasional bandara,”  ujar Direktur Bandar Udara pada Dirjen Hubud, Yudhi Sari Sitompul, di terminal 3 Ultimate BSH Senin (13/6).

Dia menjelaskan, dari hasil comisioning yang dilakukan timnya, ada tiga aspek penting yang menjadi perhatian. Adapun ketiga aspek itu jelasnya terkait persoalan keamanan, kenyamanan dan pelayanan yang akan tersaji di terminal 3 Ultimate BSH.   “Karena terminal 3 Ultimate ini diciptakan terbaik, mempromosikannya harus perfect dari aspek safety, security dan services,” katanya.

Terburuknya, jika pada tenggat waktu 16 Juni 2016 masih ditemukan adanya kekurangan pada tiga hal tadi, maka pengoperasian terminal 3 Ultimate ditunda.  “Kalau temuan-temuan dari Hubud belum bisa terselesaikan, Kami tunda sampai seluruh peryaratan selesai,” jelasnya.

Sementara Direktur Keamanan Penerbangan, Pada Dirjen Hubud, Kemenhub, Nasir Usman, mengaku pengoperasian ini baru akan dilaksanakan di gate 3, 4 dan 5 dengan ruang chek in counter D,E dan F.  “Jadi belum seluruhnya dioperasikan, itu memang kecil tapi jangan main-main karena ini menyangkut urusan keamanan,” tambahnya.

Dia memastikan, dari aspek keamanan penerbangan terminal 3 ultimate BSH sudah memenuhi 80 persen standard keamanan penerbangan.  “20 persen saja kekurangannya dari aspek keamanan penerbangan, tingal moles-moles yang kecil,” terangnya tanpa merinci hal-hal kecil dimaksud.

Rencananya, PT. APII akan mengoperasikan sebagian terminal 3 Ultimate BSH pada 20 Juni mendatang. Namun berdasarkan hasil comisioning Dirjen Hubud Kemenhub, pihaknya memberi tenggat hingga 16 Juni 2016 untuk kepastian rencana operasional sebagian terminal 3 Ultimate tersebut. (Raja Tama)