The Fed Mungkin Memperlambat Stimulus

34

JAKARTA-Bursa AS ditutup  melemah memfaktorkan beberapa data  ekonomi yang kurang bagus serta pernyataan dari Fed yang mungkin memperlambat stimulus.  Jobless Claim naik menjadi 360 ribu dan Housing starts tercatat turun 16.5% MoM. Sementara Federal Bank of San Francisco menyatakan bahwa The Fed berpotensi memperlambat stimulus seiring sedikit pertanda pemulihan ekonomi. Di lain hal, bursa Eropa ditutup relative flat di tengah earnings season.

Harga minyak ditutup relative flat di level US$95/barrel sementara harga  metal dalam keadaan mixed dengan nikel -0.03%, timah +0.96%, dan emas +0.06%.

Mayoritas bursa Asia bergerak menguat pagi ini kecuali Jepang seiring data industrial production yang turun 6.7% YoY.  Harga minyak dibuka menurun -0.09% namun masih relative flat sementara Rupiah dibuka melemah 0.34% ke level Rp9,785/USD. Kami melihat IHSG berpotensi melanjutkan penurunan seiring sentiment negative dari Amerika sementara saham saham berbasis consumer juga berpotensi untuk profit taking.Level support untuk IHSG diperkirakan di 5,060