Tren Belanja 2019: Pria Lebih Banyak “Nyicil” Dibanding Wanita

Tuesday 5 Mar 2019, 2 : 38 pm
by
Kredivo
Ilustrasi

JAKARTA-Kredivo, kartu kredit digital untuk milenial Indonesia, merilis data tentang Tren Belanja awal tahun 2019.

Data transaksi Kredivo menunjukkan bahwa pria cenderung lebih aktif dibanding wanita dalam bertransaksi secara online menggunakan kredit.

Data yang diambil dari 50.000 sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam 3 bulan terakhir (November 2018 – Januari 2019) menunjukkan temuan yang menarik.

Sekitar 57,6% pengguna layanan Kredivo adalah pria, sedangkan 42,4% pengguna merupakan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa pria cenderung lebih aktif dalam bertransaksi online dibanding wanita.

Lebih jauh lagi, data ini menjelaskan bahwa ada kesamaan perilaku pengguna Kredivo dengan pengguna kartu kredit di Indonesia.

Dari 3 fitur produk yang dimiliki Kredivo, sekitar 21% pengguna menggunakan layanan cicilan di e-commerce, sekitar 30% pengguna menggunakan layanan pinjaman tunai dan hampir 85% pengguna menggunakan layanan bayar dalam 30 hari.

“Layanan bayar dalam 30 hari menawarkan kenyamanan bagi para pengguna dalam bertransaksi secara online dalam 2 klik saja. Selain cepat dan mudah, pengguna dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayarnya kemudian. Jadi tidak heran, persentase pengguna yang memanfaatkan layanan ini sangat tinggi,” ungkap Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo.

Ada hal menarik yang ditemukan di data tren belanja ini, dari banyaknya transaksi cicilan di e-commerce, 66,7% pengguna layanan cicilan adalah pria, sedangkan wanita hanya 33,3%.

Dapat disimpulkan bahwa pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita.

Menurut beberapa studi yang dikutip dari Harvard Business Review, pria memang cenderung lebih berani mengambil resiko daripada wanita, baik dalam hal keuangan maupun hal lainnya.

Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan.

“Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman. Kredivo membantu mereka dalam hal ini,” ujar Indina.

Kredivo memberikan fleksibilitas pembayaran secara berkala pada pengguna.

Salah satu keunggulan Kredivo dibandingkan metode pembayaran manapun yaitu dari segi kemudahan mengakses kredit instan tanpa kartu kredit dengan bunga setara bank, bahkan 0% untuk pembayaran dalam 30 hari.

Prosesnya cepat, mudah dan aman karena semua informasi dienkripsi. Kredivo juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Fashion

Data Tren Belanja awal tahun 2019 dari Kredivo menemukan bahwa mayoritas pria atau wanita membeli produk berupa fashion dan aksesorisnya dengan menggunakan Kredivo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rekayasa Satu Arah Mulai Diterapkan di Tol Trans Jawa

JAKARTA-Pemerintah mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one
minat Jepang terhadap produk UMKM olahan ini sangat tinggi

Jepang Minati Produk UMKM Olahan Umbi Indonesia

JAKARTA-Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggencarkan upaya meningkatkan produksi dan kualitas