XL Resmi Beli Axis Seharga US$865 Juta

Thursday 20 Mar 2014, 11 : 54 am
bisnis.com

JAKARTA-PT XL Axiata secara resmi mengakuisisi kepemilikan PT Axis Telekom Indonesia (AXIS) dengan nilai transaksi US$865 juta. Langkah akusisi ini menandakan XL menjadi pemegang saham mayoritas AXIS. “Kami bersyukur dapat mencapai tahap finalisasi akuisisi AXIS. Dengan selesainya transaksi akuisisi ini, maka XL telah resmi menjadi pemegang saham di AXIS,” kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi di Jakarta

XL sebelumnya mendapatkan persetujuan yang disyaratkan. Dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement-CSPA). “Konsolidasi industri telekomunikasi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan, memastikan industri telekomunikasi yang sehat dan berkesinambungan,” tambahnya

Lebih jauh kata Hasnul, pasca rampungnya akuisisi ini, XL akan melanjutkan serangkaian proses menuju finalisasi merger sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Untuk membiayai akuisisi senilai 865 juta dolar AS ini , XL mendapatkan pinjaman dari Axiata sebagai pemegang saham XL sebesar 500 juta dolar AS. Sisa 365 juta dolar AS diperoleh dari pihak ketiga yaitu bank UOB, Bank of Tokyo-Mitsubishi dan bank DBS.

Hasnul juga menjelaskan merger XL AXIS ini demi menciptakan industri telekomunikasi yang lebih sehat. Pihaknya yakin ini akan menciptakan efek yang luar biasa bagi perekonomian nasional. “Tentunya selain bertujuan menambah pelanggan juga akan meningkatkan layanan dan jaringan yang lebih baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sofyan: Setiap 2 Bulan, Harga BBM Bisa Naik, Bisa Juga Turun

JAKARTA-Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengaku optimis bahwa kenaikan harga Bahan
IGJ

Ekonomi Rakyat Terdampak, DPR Harus Menjalankan Amanat Konstitusi Dalam Membahas Perjanjian RCEP

JAKARTA-Kelompok Masyarakat Sipil Indonesia mengecam tindakan Pemerintah Indonesia yang menandatangani