10 Perwakilan Negara Asia Pasifik Mendukung Perjuangan Petani Kendeng

Friday 7 Sep 2018, 10 : 21 pm
by
Ilustrasi

Perjuangan masyarakat di Pegunungan Kendeng yang terus berlangsung hingga hari ini, mendapat dukungan dari beberapa aktivis di Negara-negara asia pasfik.

“Kami ke sini, berdiri, dan memberikan solidaritas terhadap perlawanan tambang dan parbik semen di Kendeng. Kami tahu bahwa mereka menderita atas nama pengerukan keuntungan. Kami mendesak agar pemerintah dan pemilik perusahaan mendengarkan mereka,” seru Jaybee Garganera dari Alyansa Tigil Mina, Philipina.

Selain Jaybee, Ulrich Dornberg, warga Jerman yang bekerja untuk Misserior juga mendukung perjuangan warga di pegunungan kendeng. “Salah satu perusahaan itu dari Jerman yaitu Heidleberg, dari negara kami. Kami mendukung masyarakat di pegunungan Kendeng yang berjuang melawan tambang dan pabrik semen yang menghancurkan lingkungan, lahan-lahan pertanian, dan sumber air,” ujarnya.

Dukungan serupa juga datang dari peserta asal Papua Nugini. Cressida Kuala, salah satu aktivis yang banyak terlibat dalam advokasi kasus pelanggaran hak azasi manusia dan industri ekstraktif mengaku kagum dengan konsistensi perjuangan para petani di pegunungan Kendeng.

“Saya sangat tersentuh dan kagum dengan perjuangan perempuan untuk menghentikan industri ekstraktif dan semen. Sungguh sebuah pemikiran perjuangan yang luar biasa,” katanya.

Seperti diketahui, perjuangan warga pegunungan Kendeng telah berlangsung lama, berbagai aksi dilakukan, hingga melakukan aksi cor kaki di depan Istana Merdeka Jakarta. Di Mahkamah Agung, warga tercatat menang atas perkara dengan PT Semen Indonesia yang diputus pada 5 Oktober 2016. Bukannya menjalankan putusan yang inckracht, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo malah kembali menerbitkan izin baru pada 23 Februari 2017.

Amanat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) tahap 1 dan Tahap 2 pun tak dilakukan pemerintah. Pertambangan dan pabrik semen tetap melakukan aktifitas, abai terhadap tuntutan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tanggap Mitigasi Bencana Alam, MRI-ACT Bali Lakukan Volunteer Field

DENPASAR-Sebagai organisasi yang berfokus pada area Kebencanaan dan Kemanusiaan, Organisasi

PAC PDIP Kabupaten Belu, NTT Kosong, Kader Desak Percepat Musancab

KUPANG-Kader PDI Perjuangan yang juga putra asli NTT, Fransiskus B.