18 Kawasan Industri Luar Jawa Berpotensi Serap Investasi Rp 250 Triliun

Monday 8 Apr 2019, 10 : 46 pm
by

Kemenperin mencatat, di kawasan industri Palu sudah ada 14 tenant, kemudian di kawasan industri Bantaeng terdapat 11 tenant, kawasan industri Morowali telah ditempati 10 tenant, dan kawasan industri Konawe sekitar 6 tenant.

Adapun kawasan industri yang sedang tahap konstruksi dan dikebut pembangunannya, yakni di Bitung, Sulawesi Utara. Kawasan Ekonomi Khusus yang ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2019 ini, akan difokuskan untuk pengembangan industri pengolahan perikanan dan kelapa beserta produk turunannya yang diminati pasar domestik dan ekspor.

“Kami mencontohkan, di Morowali, yang sudah berhasil melakukan hilirisasi terhadap nickel ore menjadi stainless steel. Kalau nickel ore dijual sekitar USD40-60, sedangkan ketika menjadi stainless steel harganya di atas USD2000. Selain itu, kita sudah mampu ekspor dari Morowali senilai USD4 miliar, baik itu hot rolled coil maupun cold rolled coil ke Amerka Serikat dan China,” paparnya.

Melalui kawasan industri Morowali, investasi pun terus menunjukkan peningkatan, dari tahun 2017 sebesar USD3,4 miliar menjadi USD5 miliar di tahun 2018.

“Jumlah penyerapan tenaga kerja di sana terbilang sangat besar hingga 30 ribu orang,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenkeu Terbitkan Jaminan untuk Proyek Bandar Udara Komodo

JAKARTA-Bandar Udara Komodo akan menjadi bandar udara pertama di Indonesia

Logitech Luncurkan Mouse Wireless Berdesain Khusus

JAKARTA-Logitech (SIX: LOGN) (NASDAQ: LOGI) meluncurkan Logitech Wireless Mouse M280,