4 Tahun Beroperasi Komersial, Ini Kontribusi Nyata PGE Lumut Balai di Sumsel

Sunday 10 Sep 2023, 10 : 18 am
by
PLTP Area Kamojang

MUARA ENIM-Empat tahun resmi beroperasi secara komersial, tepatnya sejak 2019, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) (IDX: PGEO) Area Lumut Balai telah memberi kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya yang berada di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Kontribusi nyata yang menjadi program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan adalah melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar.

General Manager PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Area Lumut Balai Hadi Suranto mengatakan, sejak tahun 2021, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. area Lumut Balai meluncurkan program pemberdayaan masyarakat yang dimulai dengan memberikan pelatihan kemandirian kepada Karang Taruna Desa Kelumpang.

Sebagai anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero), Direktur Operasi PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Ahmad Yani menegaskan Pertamina Geothermal Energy memiliki tanggungjawab untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Yani mengatakan WKP Lumut Balai ini merupakan salah satu unggulan karena memiliki potensi panas bumi cukup besar, mencapai lebih dari 300 MW.

“PLTP (Pembangkit Listrik Panas Bumi) Lumut Balai Unit I mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2019 dengan kapasitas terpasang sebesar 55 MW. Sementara untuk unit 2 sedang dalam tahap konstruksi,” jelasnya.

Terkait program CSR lainnya yang sudah dijalankan dari area Lumut Balai, Hadi menjelaskan secara umum kegiatan yang dilakukan mulai dari sektor kesehatan, sosial, pendidikan, hingga pemberdayaan masyarakat.

Untuk dukungan pada Karang Taruna Desa Kelumpang, kata Hadi, program CSR yang dilakukan terkait pengembangan obyek wisata River Tubing.

“Selain pelatihan, PGE juga memberikan berbagai peralatan dan fasilitas kepada kelompok belanting, yang juga menjadi fasilitas pendukung bagi pengunjung.”

Lebih lanjut Hadi mengungkapkan program CSR yang telah diberikan di Desa Kelumpang ini pernah mendapat apresiasi sebagai Juara 1 kategori Daya Tarik Pengunjung dalam Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023 untuk kegiatan di Belanting River Tubing.

Penguatan dan pendampingan pada masyarakat dilakukan juga kepada sektor hulu kelompok petani kopi di daerah Semende.

“Kami juga melakukan pendampingan pengolahan budidaya buah durian di wilayah Bedegung Panang Enim,” tutup Hadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK

OJK Gandeng Polri Cegah Tindak Pidana di Sektor Keuangan

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI)

Dino Patti Djalal Beri Kuliah Umum di UPI

BANDUNG-Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Dr. Dino Patti Djalal,