Menkeu: Tidak Ada Usulan Kenaikan Harga BBM di RAPBN 2015

Selasa 12 Agu 2014, 8 : 23 pm
by
Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri memastikan, draft Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 yang akan disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di hadapan sidang bersama DPR-RI, Jumat (15/8) mendatang, tidak disertai dengan usulan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

RAPBN 2015 hanyalah baseline untuk operasional yang di dalamnya berisi tentang gaji, operasional kantor, kegiatan yang sifatnya rutin yang memang harus dilakukan pemerintah, pembayaran bunga utang, dan volume subsidi BBM untuk sehari-hari.

“RAPBN ini adalah baseline untuk pemerintah baru tapi sepenuhnya akan diberikan ruang pada pemerintah baru untuk melakukan kebijakan. Jadi enggak akan tercermin di dalam RAPBN 2015, termasuk kebijakan subsidi BBM,” kata Chatib kepada wartawan usai melantik Pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan,  di Jakarta, Selasa (12/8).

Menurut Menkeu, pemerintah baru yang akan masuk setelah 20 Oktober 2014 memiliki ruang yang sangat luas untuk melakukan berbagai penyesuaian dalam RAPBN 2015.

Chatib menjelaskan, pada RAPBN 2015 yang masih akan diajukan oleh Presiden SBY itu, kuota subsidi BBM masih berada pada angka 48 juta kiloliter (KL).

Sementara nilai tukar rupiah berada pada kisaran Rp 11.500 – Rp 12.100, pertumbuhan ekonomi 5,5% – 6%, harga minyak mentah (ICP) pada 105 dollar AS, dan suku bunga 6% – 6,5%.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gelontorkan Rp1,2 Triliun, Changi Airport Kelola Bandara Komodo

JAKARTA-Pemerintah resmi menyerahkan pengoperasian Bandara Komodo Labuan Bajo kepada konsorsium

AHRIMAN DEMOKRASI

Oleh: Gabriel Mahal “The god of time, having created the