Teten: Lindungi Pasar Lokal Dari Produk Impor Terutama Lewat e-Commerce

Friday 29 Nov 2019, 5 : 26 pm
by
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

JAKARTA-Kementerian Koperasi dan UKM fokus untuk mendongkrak perluasan pasar produk-produk UKM sektor riil unggulan, baik di pasar global maupun pasar lokal. Berbagai strategi akan dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk UKM menghadapi produk impor.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan perluasan pasar khusus produk unggulan berorientasi ekspor dan subsitusi impor.

“Produk unggulan tersebut harus menggunakan bahan baku lokal seperti perikanan dan home decor. Contohnya perikanan budidaya dengan komoditas rumput laut, dihasilkan oleh pelaku usaha skala UKM namun memiliki nilai ekspor yang sangat tinggi,” kata Teten Masduki pada Forum Koordinasi Peningkatan Peran KSP/KSPPS dalam Pembiayaan UMKM, Kamis (28/11).

Begitu juga halnya produk furnitur yang mengunakan bahan baku lokal dengan sentra produksi antara lain di Boyolali, Solo dan Yogyakarta.

“Produk UKM yang menggunakan bahan baku impor tidak akan mampu bersaing,” tegasnya.

Ia mengatakan produk UKM juga bisa masuk dalam global value chain. Hal itu bisa dicapai melalui kemitraan antara usaha besar dengan UKM, salah satunya masuk melalui trading house.

Untuk memperluas akses pasar dalam negeri Teten juga menyampaikan agar belanja pemerintah fokus pada produk UKM.

“Saya menyampaikan hal ini secara khusus pada rapat kabinet agar belanja pemerintah memprioritskan produk UKM. Saya juga meminta kepada Kemenkeu agar pasar dalam negeri dilindungi dari produk impor terutama lewat ecommerce,” kata Teten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bertemu Aung San Suu Kyi, Presiden Tekankan Pentingnya Keamanan di Rakhine State

BANGKOK-Indonesia menekankan pentingnya situasi keamanan yang baik bagi terlaksananya repatriasi
BBTN meraih dua pengahargaan di ajang HR Excellence 2021 sebagai ganjaran positif bagi perseroan yang berupaya mencapai visi Home of Indonesia’s Best Talent

Akhir 2023, Aset Unit Usaha Syariah BBTN Tembus Rp50 Triliun

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) memproyeksikan, total aset