ADRO Siap Bangun Smelter Aluminium Senilai USD728 Juta

Thursday 23 Dec 2021, 9 : 07 pm
PT Adaro Energy Tbk

JAKARTA-PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melalui PT Adaro Aluminium Indonesia berencana untuk membangun smelter aluminium di Kawasan Industri Hijau Indonesia, Kalimatan Utara, dengan nilai investasi mencapai USD728 juta.

Menurut Wakil Presiden Direktur ADRO, Ario Rachmat, rencana pembangunan smelter di kawasan industri yang sedang dibangun oleh PT Kalimantan Industrial Park Indonesia tersebut ditandai dengan penandatanganan Surat Pernyataan Maksud Investasi (Letter of Intention to Invest) sebesar USD728 juta.

“Sejalan dengan komitmen Adaro untuk melakukan transformasi bisnis melalui green initiative jangka panjang, maka kami melakukan investasi untuk membangun aluminium smelter guna mendukung program hilirisasi industri yang dicanangkan pemerintah,” ujar Ario di Jakarta, Kamis (23/12).

Melalui investasi ini, dia berharap keberadaan smelter aluminium milik ADRA bisa membantu mengurangi impor aluminium dan memberikan nilai tambah terhadap alumina, serta meningkatkan penerimaan pajak negara.

“Kami juga berharap industri aluminium di Kalimantan Utara dapat mendatangkan banyak investasi lanjutan dan menciptakan lapangan kerja,” kata Ario.

Untuk mengembangkan industri ini, ADRO akan menggandeng mitra kerja dari luar negeri yang berpengalaman dan menggunakan teknologi terkini, serta berpengetahuan secara menyeluruh di industri aluminium.

“Kami optimistis permintaan dunia atas produk aluminium akan terus meningkat, terutama untuk kabel, baterai dan sasis. Diharapkan, industri lainnya seperti industri panel surya dan mobil listrik yang membutuhkan aluminium juga bisa diproduksi di sini,” paparnya.

Pada tahapan produksi dan pengembangan selanjutnya, aluminium smelter Adaro ini juga akan memanfaatkan energi baru dan terbarukan (EBT) dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berstandar konstruksi modern yang ramah lingkungan dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kejutan Paus Fransiskus Untuk Missionaris “Duta-Duta” Indonesia Di Seluruh Dunia

VATIKAN-Ada kejutan dari  Paus Fransiskus untuk para missionaris Indonesia di

PMI Manufaktur Indonesia Ungguli Thailand dan China

JAKARTA-Aktivitas sektor industri manufaktur di tanah air masih cukup menggeliat