Airlangga Hartarto: Forum Sherpa G20 Harus Beri Masukan Kongkret

Sunday 10 Jul 2022, 5 : 47 pm

LABUAN BAJO– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka pertemuan Sherpa G20 ke 2 di Labuan Bajo.

Airlangga menekankan pentingnya forum ini untuk memberikan masukan konkret terkait isu dan tantangan global ke depan.

“G20 adalah sebuah forum ekonomi global yang harus bekerjasama untuk menjawab tantangan global yang sifatnya multinasional dan menarik perubahan. Saya ingin Anda menggarisbawahi, bahwa di ruangan ini hari ini, kita memiliki kewajiban untuk memikirkan orang lain, dan memberi solusi di atas meja,” kata Airlangga, Minggu (10/7/2022).

Menurut Badan Pangan Dunia (FAO) melaporkan, akan terjadi kenaikan harga-harga bahan pangan yang menyebabkan 323 juta orang di seluruh dunia sangat rawan pangan atau beresiko tinggi.

“G20 dapat mengambil tindakan untuk melindungi yang paling rentan di dunia dengan mengatasi gangguan pada produksi pertanian, rantai pasokan, dan perdagangan,” kata Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Selain isu pangan dunia, ada juga ancaman krisis energi.

Menurut International Energy Agency (IEA) menyebutkan, dunia mungkin akan menghadapi krisis energi, sehingga sekelompok produsen dan konsumen energi utama dapat bekerja sama untuk memastikan sistem energi yang lebih tangguh di mana negara harus saling mendukung untuk mencapai transisi yang aman dan berkelanjutan.

“Forum ekonomi utama harus menunjukkan kepemimpinan global yang memberi solusi untuk mengatasi tantangan langsung maupun jangka panjang. Indonesia meminta dukungan Anda untuk menemukan konsensus tentang tindakan praktis dan konkret yang menunjukan bahwa forum G20, sebagai forum ekonomi utama, termasuk tiga prioritas Presidency, kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi,” jelas Airlangga.

Dalam pertemuan Sherpa G20 Ke-2 di Labuan Bajo, sekitar 120 peserta hadir.

Baik dari negara anggota, undangan dan forum internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sinergi BSI dan Sinarmas Land Dorong Pertumbuhan Sektor Properti

JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjalin sinergi dengan Sinarmas
Komang Wirawan

“Link and Match” Terjemahan Dari SDM Unggul

JAKARTA-Program SDM Unggul-Indonesia Maju yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo