Anak Usaha Delta Dunia Makmur Raih Pembiayaan Syariah US$60 Juta

Friday 15 Sep 2023, 6 : 04 pm
PT Delta Dunia Makmur Tbk

JAKARTA-PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak usaha dari PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) memperoleh fasilitas pembiayaan sindikasi syariah pertama senilai total US$60 juta.

Perjanjian pinjaman ditandatangani oleh Direktur BUMA Nanang Rizal Achyar dan SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat Irvan Y. Noor.

Disaksikan oleh Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan, Direktur Delta Dunia Group Dian Andyasuri, dan Group Deputy Director Finance & Investor Relations DOID Group, Iwan Fuad Salim pada 13 September 2023.

Menurut Direksi DOID, terkait fasilitas pembiayaan sindikasi tersebut, PT Bank Muamalat Indonesia bertindak  sebagai Mandated Lead Arranger (MLA), agen fasilitas, dan agen jaminan dengan partisipasi pinjaman sebesar US$50 juta.

Pembiayaan syariah ini memiliki jangka waktu lima tahun hingga tahun 2028.

Nanang Rizal Achyar, Direktur BUMA mengatakan pendanaan ini akan digunakan untuk mendukung aksi korporasi dan menunjang kegiatan operasional BUMA.

“Pendanaan baru dengan pricing yang kompetitif ini sekaligus menjadi bukti kredibilitas BUMA sebagai perusahaan kontraktor pertambangan batubara terkemuka di Indonesia. Kami berharap kerja sama ini juga dapat berlanjut ke kerja sama yang lebih luas,” terang Nanang dalam keterangannya, dikutip Jumat (15/9).

Sementara SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat Irvan Y. Noor mengemukakan,  pihaknya  menyambut baik sinergi dengan Delta Dunia Group melalui salah satu anak usahanya, BUMA.

Langkah ini, lanjutnya,  merupakan bagian dari komitmen Bank Muamalat untuk berkontribusi dalam pembiayaan sindikasi syariah, khususnya dalam denominasi dolar Amerika Serikat.

Selain itu, kerja sama ini juga dapat menjadi pintu masuk Bank Muamalat untuk memberikan layanan kepada karyawan BUMA, termasuk di antaranya pembiayaan multiguna.

Partisipasi ini memperkuat portofolio Bank Muamalat di segmen pembiayaan korporasi dan menunjukkan komitmen aktif mendukung perusahaan nasional, khususnya di sektor energi.

BUMA merupakan salah satu kontraktor pertambangan batubara di Indonesia yang telah berhasil menjalankan strategi diversifikasi.

Di antaranya melalui aktivitas pertambangan metallurgical coal, terutama melalui ekspansi ke Australia dengan mengakuisisi BUMA Australia pada Desember 2021.

Pada kuartal I-2023, bisnis metallurgical coal dan infrastruktur Delta Dunia Group berhasil menyumbang 15% pendapatan grup.

Didukung keberhasilan operasional di Indonesia dan Australia, strategi diversifikasi dan kinerja operasional berhasil meningkatkan pendapatan sebesar US$ 409 juta atau setara Rp 6,13 triliun atau meningkat 23% dibandingkan tahun sebelumnya. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPP PKS ‘PAW’ Anggotanya Terduga Penjahat Selangkangan

JAKARTA-DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespon cepat laporan dari publik

Jaksa Agung Melakukan Insubordinasi Terhadap Pesan Presiden Jokowi

JAKARTA-Permintaan Jaksa Agung, H.M. Prasetyo agar fungsi “Penuntutan Tipikor” yang