Anggaran Kunker Naik Hampir 25%

Thursday 4 Dec 2014, 11 : 47 pm
ilustrasi

JAKARTA–Anggaran kunjungan kerja (Kunker) DPR ke daerah pada 2015 mengalami kenaikan cukup signifikan yakni mencapai 24,6%. “Anggaran kunker periode 2015 telah ditetapkan sebesar Rp1,24 triliun atau bertambah 24,6% dibanding anggaran kunker 2014 sebesar Rp994,92 miliar,” kata Peneliti Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam di Jakarta, Kamis (4/12/2014)

Dari akumulasi anggaran kunker tersebut, kata Roy, selanjutnya akan ditransfer kepada setiap anggota dewan, masing-masing sebesar Rp1,77 miliar untuk 11 kali kunker dapil dalam jangka satu tahun. “Jadi dalam setiap kali kunker-nya ke dapil anggarannya sebesar Rp160,91 juta untuk setiap anggota DPR,” tutur dia.

Menurut Roy, tidak ada rasio yang jelas dari anggota DPR dan Badan Urusan Rumah Tangga DPR, mengapa anggaran kunker ke dapil selalu naik pada setiap tahunnya. Sehingga, potensi penyalahgunaan anggaran sangat besar.

Bila mencermati realisasi anggaran reses tahun 2013, peningkatan anggaran terjadi karena adanya keputusan BURT dan SK Sekjen DPR untuk menambah jumlah kegiatan dalam setiap kali kunker anggota DPR ke dapil. “Adanya penambahan jumlah kegiatan setiap kali kunker terkesan suka-suka BURT sehingga berdampak pada pembengkakan anggaran tanpa ada parameter dan ukuran hasil kerja yang jelas dari penggunaan anggaran yang cukup besar tersebut,” pungkasnya. (ec)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bertha: Islam Agama Yang Demokratis

JAKARTA-Penyanyi senior yang juga instruktur vocal Etha Herawati yang akrab

Paramater Kemakmuran Tak Jelas

JAKARTA-DPR kembali mendesak pemerintah memasukkan target peningkatan kesejahteraan rakyat dalam