Aset Rp16,7 Miliar, WIDI Mau Galang Dana IPO Rp46 Miliar

Friday 16 Jun 2023, 6 : 38 pm
by
IPO
ILustrasi

JAKARTA-Perusahaan jasa penyewaan alat berat, PT Widiant Jaya Krenindo Tbk (WIDI) berencana melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) untuk dapat menghimpun dana masyarakat maksimal Rp46 miliar.

Berdasarkan Prospektus Awal terkait rencana IPO WIDI yang diterbitkan di Jakarta, 16 Juni 2023, perseroan menawarkan saham kepada publik sebanyak-banyaknya 400 juta lembar bernilai nominal Rp5 per saham atau setara 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO.

Pada aksi korporasi ini, manajemen WIDI menunjuk PT Artha Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana sana emisi Efek.

Adapun harga Penawaran Awal (book building) atas saham WIDI berkisar Rp100-115 miliar. Sehingga, melalui IPO ini perseroan bisa meraup dana masyarakat maksimal Rp46 miliar.

Bersamaan dengan pelaksanaan IPO, WIDI juga menerbitkan 420 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 35 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan
pendaftaran IPO.

Setiap pemegang 20 saham baru berhak memperoleh 21 waran dan setiap satu waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham baru WIDI seharga Rp120 per lembar.

Total dana dari Waran Seri I maksimal Rp50,4 miliar.

Perlu diketahui, per 31 Desember 2022, total aset WIDI sebesar Rp16,7 miliar atau lebih tinggi 61 persen dibanding posisi per 31 Desember 2021 yang senilai Rp10,37 miliar.

Sedangkan, laba bersih tahun berjalan yang dicatatkan WIDI di sepanjang 2022 senilai Rp1 miliar atau mengalami kenaikan dibanding setahun sebelumnya Rp669,77 juta.

Apabila ada calon investor yang tertarik dengan saham WIDI, perlu diketahui bahwa masa book building berlangsung mulai hari ini hingga 22 Juni 2023.

Manajemen perseroan berharap rencana IPO bisa mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 Juni 2023.

Rencananya, dana hasil IPO —setelah dikurangi biaya-biaya emisi— akan digunakan untuk pembelian alat berat sebesar 51,63 persen dan sisanya akan dimanfaatkan untuk membiayai kebutuhan operasional.

Sedangkan, dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan sebagai modal kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Golkar Terus Bergerilya ke Kantong Suara Nahdliyin

PROBOLINGGO-Partai Golkar terus bergerilya di Jawa Timur dan membangun kedekatan

Perkuat Kerjasama, BSI Sediakan Layanan Perbankan Bagi MK

JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk menyediakan layanan perbankan untuk